STUDI MORFOMETRIK DAN MERISTIK UDANG MANTIS (Stomatopoda) YANG TERTANGKAP OLEH NELAYAN DESA PASAR SEBELAH KABUPATEN MUKOMUKO PROVINSI BENGKULU

Agil, Darmawan and Zamdial, Zamdial and Dede, Hartono (2023) STUDI MORFOMETRIK DAN MERISTIK UDANG MANTIS (Stomatopoda) YANG TERTANGKAP OLEH NELAYAN DESA PASAR SEBELAH KABUPATEN MUKOMUKO PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
DRAFT SKRIPSI Agil Darmawan bebas perpus-dikompresi - Agil Darmawan 23.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Udang mantis merupakan salah satu jenis crustacea laut yang sangat diminati untuk dikonsumsi oleh masyarakat mancanegara, namun di Pantai Padang Penaek Desa Pasar Sebelah Kabupaten Mukomuko belum di manfaatkan secara optimal dan hanya menjadi hasil tangkapan sampingan oleh nelayan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur dan menganalisis data morfometrik dan meristik pada udang mantis yang tertangkap oleh nelayan Pantai Padang Penaek Desa Pasar Sebelah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Penelitian mengenai morfometrik dan meristik udang mantis dapat bermanfaat membantu dan memberi informasi mengenai morfometrik dan meristik pada udang mantis (Stomatopoda) serta sebagai bahan acuan dalam upaya pengelolaan udang mantis terutama di Desa Pasar Sebelah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus - September 2022 di Desa Pasar sebelah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dan pengambilan sampel udang mantis ini dengan menggunakan teknik random sampling, udang mantis didapat dengan total sampel sebanyak 90 ekor. Udang mantis ditemukan 2 jenis dari 90 sampel yaitu Harpiosquilla raphidea (26 ekor) dengan kisaran panjang 11,50 - 16,70 cm dan Oratosquillina gravieri (64 ekor) dengan kisaran panjang 8,30 - 11,70 cm. Korelasi antar karakter morfometrik Harpiosquilla raphidea kategori hubungannya kuat hingga sangat kuat dengan nilai korelasi (r) berkisar antara 0,738 - 0,999 dan korelasi antar karakter morfometrik Oratosquillina gravieri kategori hubungannya sangat lemah hingga sangat kuat dengan nilai korelasi (r) berkisar antara 0,040 - 0,999. Pada analisis meristik Harpiosquilla raphidea didapatkan duri pada telson berjumlah antara 6 buah duri, jumlah duri pada dactylus 9 buah duri dan untuk propodus 10 - 12 buah duri, pada jenis Oratosquillina gravieri didapatkan duri pada telson berjumlah 6 buah duri, jumlah duri pada dactylus 6 buah duri dan untuk propodus 2 buah duri. Kata Kunci : Morfometrik, Meristik, Udang Mantis, Kabupaten Mukomuko.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Marine Science
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 27 Aug 2024 04:19
Last Modified: 27 Aug 2024 04:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20712

Actions (login required)

View Item View Item