PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK JAHE MERAH (Zingiber officinale var. Rubrum) DALAM AIR MINUM TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK DAGING BROILER

Jon, Maruli Tuah Saragih and Desia, Kaharuddin and Yosi, Fenita (2023) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK JAHE MERAH (Zingiber officinale var. Rubrum) DALAM AIR MINUM TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK DAGING BROILER. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_JON MARULI_E1C018050 - Jon Maruli Tuah Saragih.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Daging ayam yang memiliki kualitas yang baik, aman dan layak untuk dikonsumsi merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh produsen maupun konsumen yang meliputi sifat-sifat organoleptik dari daging. Kualitas organoleptik meliputi warna, aroma, rasa, dan tekstur dari daging ayam yang dihasilkan. Daging merupakan suatu bahan pangan asal hewani yang mempunyai kandungan gizi tinggi, yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mempertahankan fungsi fisiologisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pemberian ekstrak jahe merah (Zingiber officinale var. Rubrum) dalam air minum terhadap karakteristik organoleptik daging broiler. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April hingga bulan Mei 2022, yang berlokasi di Commercial Zone and Animal Laboratory (CZAL) Jurusan Peternakan dan Laboratorium Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) 4 perlakuan, 5 ulangan dan disetiap ulangan terdiri dari 8 ekor ayam. Variabel yang diamati adalah warna daging, bau daging, rasa daging, tekstur daging dan uji hedonik. Hasil penelitian menunjukkan pemberian ekstrak jahe merah dalam air minum tidak dapat meningkatkan warna, rasa, dan bau daging, tetapi meningkatkan tekstur daging sedangkan pada uji hedonik tidak dapat meningkatkan kesukaan pada bau daging, rasa daging, tekstur daging, tetapi meningkat pada uji kesukaan terhadap tekstur daging. Rataan skor warna daging yaitu pada kisaran 3,27-3,37. Rataan skor bau daging yaitu pada kisaran 3,51-3,63. Rataan skor rasa daging yaitu pada kisaran 3,17–3,31. Rataan skor tekstur daging yaitu pada kisaran 3,34– 3,47. Sedangkan rataan skor uji hedonik warna yaitu pada kisaran 3,38-3,46. Rataan skor pada uji hedonik bau yaitu pada kisaran 3,30-3,37. Rataan skor uji hedonik rasa yaitu pada kisaran 3,32-3,39. Rataan skor uji hedonik tekstur yaitu pada kisaran 3,15-3,21.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:17
Last Modified: 28 Aug 2024 02:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20763

Actions (login required)

View Item View Item