LAJU PERTUMBUHAN DAN TINGKAT MORTALITAS DOC AYAM KAMPUNG UNGGUL BALITBANGTAN MIXED SEX PADA PEMELIHARAAN INTENSIF FASE STARTER

Zodi, Setiawan and Heri, Dwi Putranto and Bieng, Brata (2023) LAJU PERTUMBUHAN DAN TINGKAT MORTALITAS DOC AYAM KAMPUNG UNGGUL BALITBANGTAN MIXED SEX PADA PEMELIHARAAN INTENSIF FASE STARTER. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_ZODI SETIAWAN_E1C017066 - Zodi Setiawan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Ayam KUB merupakan ayam kampung unggulan yang dihasilkan oleh Balitbangtan. Ayam KUB diseleksi selama 6 generasi dari berbagai jenis ayam kampung yang berasal dari Cianjur, Depok, Majalengka dan Bogor. Ayam KUB dapat dijadikan sebagai ayam petelur maupun pedaging. Pakan dan Air Minum merupakan faktor penting untuk mendukung pertumbuhan ayam KUB, sehingga harus tersedia secara adlibitum. Pakan yang diberikan adalah pakan komersil dan dipelihara secara intensif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji tampilan berat badan, pertambahan berat badan, konsumsi pakan, konsumsi air minum, dan FCR ayam KUB kelamin campuran pada pemeliharaan intensif fase starter. Penelitian ini dilaksanakan pada 20 September sampai 18 Oktober 2021. di Commercial Zone of Animal Laboratory (CZAL) Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Peralatan yang digunakan dalam penelitian yaitu, kandang (ukuran panjang 2,5 meter, lebar 1 meter dan tinggi 1,5 meter), sprayer, tempat pakan (ukuran 10 kg), tempat minum (ukuran 3 liter), gelas ukur (ukuran 100 ml), lampu bohlam pijar warna kuning (ukuran 5 watt), vaksin ND (merk medivac ND AI), sekam, koran, timbangan digital (merk Harnic). Bahan yang dibutuhkan adalah 100 ekor DOC ayam KUB. Data primier berupa data selama periode pemeliharaan 28 hari ditabulasi dalam bentuk tabel dan grafik dengan menyajikan rataan ( X ), simpangan baku (SD), dan koefisien keragaman (KK). Berdasarkan hasil penelitian terhadap ayam KUB kelamin campuran yang dipelihara secara intensif selama 28 hari diperoleh rataan berat badan 334,17±84,68 g/ekor, rataan pertambahan berat badan 7.351,25±2.893,37 g/minggu/100 ekor, rataan konsumsi pakan 190,16 g/minggu/ekor, rataan konsumsi air minum 287,725 ml/ekor/hari, dan rataan FCR 2,45. Dapat disimpulkan bahwa ayam KUB mixed sex mengalami pertambuhan berat badan dan seiring dengan meningkatnya parameter lain pada pemeliharaan intensif fase starter.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:42
Last Modified: 28 Aug 2024 02:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20767

Actions (login required)

View Item View Item