ANALISIS FRAMING CITRA WALIKOTA PAGARALAM DI MEDIA LOKAL HARIAN UMUM PAGARALAM POS, PADA PEMBERITAAN PENYALURAN BANTUAN PEMERINTAH, EDISI OKTOBER 2020

BAROKAH, PAHMI PUTRA and Alfarabi, Alfarabi and Dioni, Ditya Perdana (2021) ANALISIS FRAMING CITRA WALIKOTA PAGARALAM DI MEDIA LOKAL HARIAN UMUM PAGARALAM POS, PADA PEMBERITAAN PENYALURAN BANTUAN PEMERINTAH, EDISI OKTOBER 2020. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
(SKRIPSI) PAHMI PUTRA BAROKAH D1C016056.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pokok permasalahan penelitian ini adalah bagaimana Harian Umum Pagaralam Pos membingkai citra Walikota Pagaralam pada pemberitaan penyaluran bantuan pemerintah , edisi oktober 2020 dengan menggunakan model analisis framing Robert N. Entmant. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian pada pemberitaan penyaluran bantuan pemerintah oleh Walikota Pagaralam di media Harian Umum Pagaralam Pos edisi 9, 20, dan 21 oktober 2020. Data yang dikumpulkan melalui seleksi atau pemilihan berita. Analisis data dengan melihat melihat empat aspek yang disebutkan Robert N. Entman yakni : Define problem (pendefinisian masalah), Diagnose Causes (memperkirakan masalah atau sumber masalah), Make Moral Judgement (membuat keputusan moral), dan Treatment Recommendation (menekankan penyelesaian). Berdasarkan hasil analisis framing model Robert N. Entman terhadap berita penyaluran bantuan pemerintah oleh Walikota Pagaralam di media Harian Umum Pagaralam Pos, penulis mengambil kesimpulan bahwa Harian Umum Pagaralam Pos cenderung mengangkat pemberitaan penyaluran bantuan oleh Walikota Pagaralam sebagai persoalan ekonomi. Harian Umum Pagaralam Pos melihat persoalan ini bukan hanya sekedar persoalan ekonomi semata, melainkan ada beragam aspek yang ditonjolkan terkait citra Walikota Pagaralam sebagai pemimpin daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Journal
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:10
Last Modified: 28 Aug 2024 04:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20782

Actions (login required)

View Item View Item