ANALISIS FRAMING ROBERT N. ENTMAN TENTANG STEREOTYPE GENDER PADA PEREMPUAN DALAM KANAL “CANTIK” TEMPO.CO (EDISI MARET 2021)

Sari, Yofita and Rasiana, BR Saragih and Verani, Indiarma (2021) ANALISIS FRAMING ROBERT N. ENTMAN TENTANG STEREOTYPE GENDER PADA PEREMPUAN DALAM KANAL “CANTIK” TEMPO.CO (EDISI MARET 2021). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Yofita Sari (D1C017013).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang bagaimana media membingkai dan menggambarkan stereotype gender pada perempuan dari berita yang disajikan. stereotype adalah pelebelan atau pandangan terhadap suatu kelompok tertentu yang bersifat positif maupun negatif . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui frame pada berita yang dibentuk oleh media online Tempo.co tentang stereotype gender pada perempuan yang disajikan dalam kanal cantik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan analisis framing model Robert N. Entman. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara langsung berita yang dimuat dalam kanal cantik media online Tempo.co, dokumentasi data yang berhubungan dengan berita yang disajikan dalam kanal cantik berkaitan dengan rubik pembahasan masalah kecantikan. Kemudian berita yang dipilih dianalisis dengan analisis framing Robert N. Entman mengunakan teknik purposive sampling yang dilihat dari judul, gambar dan keseluruhan isi teks berita yang kemudian akan dibedah berdasarkan aspek pendefinisian masalah (define problems), memperkirakan masalah atau sumber masalah (diagnose causes), membuat keputusan moral (make moral judgement) dan menekankan penyelesaian (treatment recommendation). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa berita yang disajikan Tempo.co dalam kanal cantik sekilas ada beberapa kalimat dan kata yang cenderung memberikan asumsi yang mengarah kepada stereotype gender pada perempuan dan ideologi patriarki. Namun setelah dianalisis secara keseluruhan ada pesan yang disematkan oleh Tempo.co dalam beberapa kalimat dan kata yang dilipih editor melalui pemberitaan kisah para aktris. Tempo.co ingin menyampaikan kepada perempuan agar mereka mencintai diri sendiri dan mendukung satu sama lain.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Journal
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:29
Last Modified: 28 Aug 2024 04:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20791

Actions (login required)

View Item View Item