IMPLEMENTASI POS PELAYANAN HUKUM DAN PENERIMAAN PENGADUAN MASYARAKAT DI KEJAKSAAN TINGGI BENGKULU

Lola, Br. Pakpahan and Joko, Susetyanto and Edytiawarman, Edytiawarman (2019) IMPLEMENTASI POS PELAYANAN HUKUM DAN PENERIMAAN PENGADUAN MASYARAKAT DI KEJAKSAAN TINGGI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Pos Pelayanan Hukum merupakan tempat atau sarana dimana masyarakat dapat menerima informasi tentang hukum dan tentang peraturan per undang-undangan yang berlaku dalam menegakkan hukum serta peraturan yang ada di masyarakat. Penelitian ini difokuskan pada persoalan fungsi Kejaksaan sebagai Jaksa Pengacara Negara yang memberikan layanan hukum seperti pendapat hukum maupun bantuan hukum kepada masyarakat. Selain itu Jaksa Pengacara Negara juga dapat menerima Pengaduan dari masyarakat terkait pelanggaran hukum yang dilakukan oleh aparat yang berada di lingkungan Kejaksaan Tinggi bengkulu dan pengaduan tindak pidana maupun tindak pidana korupsi. Implementasi Pos Pelayanan Hukum dan Pengaduan Masyarakat di Kejaksaan Tinggi Bengkulu menggunakan metode penelitian hukum empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya yang dilakukan Oleh Jaksa Pengacara Negara dalam memberikan pelayanan hukum serta menerima pengaduan masyarakat di Kejaksaan Tinggi Bengkulu adalah dengan melakukan kegiatan dialog interkatif “JAKSA MENYAPA dan JAKSA SAHABAT MASYARAKAT di RRI Bengkulu, melakukan Penyuluhan Hukum dengan Program “JAKSA MASUK SEKOLAH”. Upaya ini menyebabkan masyarakat memahami bahwa Kejaksaan selain melakukan penuntutan, Kejaksaan juga dapat memberikan pelayanan hukum serta memberikan bantuan hukum diluar pengadilan. Proses Bantuan hukum, Pendampingan Hukum dan Pendapat Hukum dapat diberikan kepada instansi pemerintah maupun BUMN yang mengajukan permohonan pendapat hukum, bantuan hukum dan pendampingan hukum. Sehingga Jaksa selaku Pengacara Negara bertindak secara khusus baik diluar maupun didalam pengadilan untuk menyelesaikan permohonan yang dimintakan. Kata kunci : pos pelayanan hukum dan penerimaan pengaduan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: Irma Rohayu, S.IPust
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:52
Last Modified: 28 Aug 2024 04:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20799

Actions (login required)

View Item View Item