PENGARUH RETENSI PELANGGAN, KUALITAS KOMUNIKASI, DAN PENJUALAN ADAPTIF TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUAL KAIN BATIK DI KOTA BENGKULU

Bunga, Apricilia Anggraini and Sularsih, Anggarawati and Ferry, Tema Atmaja (2023) PENGARUH RETENSI PELANGGAN, KUALITAS KOMUNIKASI, DAN PENJUALAN ADAPTIF TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUAL KAIN BATIK DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
KARYA ILMIAH SKRIPSI_BUNGA APRICILIA ANGGRAINI_C1B018057_S1 MANAJEMEN - Bunga Apricilia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Batik merupakan sebuah budaya yang merupakan perpaduan dari seni dan teknologi. Di kota Bengkulu ini batik besurek merupakan salah satu kerajinan khas dari kota Bengkulu. Saat ini pada umumnya motif batik Bengkulu dimodifikasi dengan motif bunga rafflesia yang merupakan ikon bunga di provinsi Bengkulu. Kebutuhan akan batik sekarang ini semakin tinggi, begitu pentingnya kebudayaan di indonesia menjadikan batik sebagai nilai budaya yang tinggi terutama pada baju ataupun segala jenis pakaian yang menggunakan motif batik. Guna menarik lebih banyak lagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Bengkulu sebagai kota semarak dan daerah tujuan wisata maka, Dinas Pariwisata Bengkulu sudah mencanangkan untuk meningkatkan daya saing produk wisata dan mutu pelayanan pada wisatawan. Dengan meningkatnya peminat akan batik, dilakukannya penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar retensi pelanggan, kualitas komunikasi, dan penjualan adaptif terhadap kinerja penjual kain batik di kota bengkulu pada tahun 2022. Menurut Hume (2006), definisi retensi pelanggan adalah keputusan konsumen untuk terlibat dalam kegiatan di masa depan dengan penyedia layanan dan bentuk aktivitas tersebut di masa depan. Hume juga percaya bahwa retensi pelanggan merupakan hasil dari sikap atau perilaku konsumen terhadap kinerja layanan yang mereka dapatkan. Kesediaan untuk menerima kritik dan saran yang membangun dari pelanggan juga merupakan cara yang baik untuk menjaga hubungan (Park, 2014). Evans (2012) juga menyatakan bahwa tenaga penjualan memainkan peran penting dalam mengidentifikasi peluang bagi perusahaannya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner online dengan menggunakan google form. Penentuan jumlah sampel minimum menurut Hair (2010) adalah jumlah indikator dikalikan 5 sampai 10 kali. Data dikumpulkan dari 100 responden yang telah memenuhi kriteria yaitu tenaga kerja penjual kain batik di kota Bengkulu. Kemudian, data yang diperoleh dianalisis dengan software SmartPLS versi 3. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear berganda dengan menggunakan software SmartPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Customer Retention berpengaruh signifikan terhadap Sales Performance.2) Communication Quality tidak berpengaruh terhadap Sales Performance. 3) Adaptive Selling berpengaruh signifikan terhadap Sales Performance. Adapun saran praktis dalam penelitian ini diharapkan untuk para tenaga kerja penjual untuk terus meningkatkan kinerja tenaga penjual kain batik untuk dapat terus berinovasi dalam proses penjualan kain batik Bengkulu agar lebih mempermudah konsumen kain batik membeli kain batik Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:56
Last Modified: 28 Aug 2024 04:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20801

Actions (login required)

View Item View Item