ANALISIS MINAT MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN PERBANKAN SYARIAH DI KOTA BENGKULU

Ivonni, Annisa Herliani and Ridwan, Nurazi and Fitri, Santi (2023) ANALISIS MINAT MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN PERBANKAN SYARIAH DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Ivonni Annisa Herliani C1B017094 - Ivonni Annisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Perbankan syariah lahir di Indonesia pada sekitar tahun 1991 dengan di keluarkannya Undang-Undang N0. 7 Tahun 1992. Setelah adanya revisi Undang�Undang N0. 10 Tahun 1998 tentang perbankan terdapat beberapa perubahan yang memberikan peluang yang lebih besar bagi pengembangan perbankan syariah. Dari Undang-Undang tersebut menerangkan bahwa sistem Perbankan Syariah di kembangkan dengan beberapa tujuan yakni memenuhi kebutuhan jasa perbankan bagi masyarakat yang tidak menerima konsep bunga, membuka peluang pembiayaan bagi pengembangan usaha berdasarkan prinsip kemitraan dengan menjaga hubungan investor yang harmonis. Pertumbuhan nasabah Bank Syariah Indonesia tidak menunjukkan permintaan layanan bank konvensional berkurang. Faktanya, berdasarkan dari Lembaga Penjamin Simpanan (2019), sejak tahun 2014 pengguna bank konvensional meningkat. Banyak nasabah bank syariah yang memegang banyak rekening (multiple acoount) termasuk di bank konvensional. Saat ini di kota Bengkulu terdapat 3 bank umum Syariah namun, jumlah ini tidak sebanyak bank umum yang berjumlah 10 bank. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat masyarakat terhadap penggunaan perbankan Syariah di kota Bengkulu, pada penelitian ini masyarakat yang menjadi ojek penelitian dibagi menjadi dua kategori yaitu pengguna bank Syariah dan bukan pengguna bank Syariah. Badan pusat statisttik pada tahun 2022 merilis data pengguna bank umum dan bank umum Syariah di Indonesia, memiliki perbedaan yang sangat jauh. Dari data yang ada, pengguna bank umum berjumlah 314.691.135 nasabah, sedangkan pengguna bank umum Syariah hanya berjumlah 45.258.776 nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yaitu desain survei. Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Penelitian ini melibatkan nasabah perbankan Syariah dan masabah perbankan konvensiona. Teknik pengumpulan data yaitu dengan purposive sampling. Total sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan perangkat lunak Statistical Package for the Social Science for windows (SPSS) versi 23. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, dan uji beda (independent sampel test). Terdapat empat variabel dalam penelitian ini yang terdiri dari tiga variabel independent yaitu produk bank Syariah, harga, dan bunga pada bank Syariah dan satu variabel dependen yaitu minat. x Hasil penelitian menunjukkan bahwa nasabah bank Syariah memiliki nilai rata-rata minat yang lebih tinggi yaitu sebesar 28,86 dibanding dengan bukan nasabah perbankan syariah, kelompok responden bukan nasabah perbankan syariah memiliki nilai rata-rata minat sebesar 20.54. Demikian pula dengan variabel produk, harga, dan sistem bagi hasil menunjukan rata rata minat nasabah perbankan Syariah lebih tinggi di banding rata-rata minat bukan nasabah perbankan Syariah. Kedua hasil ini menunjukan perbedaan yang signifikan secara statistik. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya agar dapat menambah faktor�faktor lainnya seperti faktor pelayanan dan promosi yang dapat meningkatkan minat terhadap perbankan Syariah dengan ruang lingkup yang lebih besar lagi serta melakukan uji pengaruh terhadap variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 28 Aug 2024 05:00
Last Modified: 28 Aug 2024 05:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20802

Actions (login required)

View Item View Item