PENEREPAN CLEANLINESS, HEALTHY, SAFETY, AND ENVIRONMENTAL SUSTAINABILITY (CHSE) PADA RUMAH MAKAN ALBAIK CHICKEN KOTA BENGKULU

Arnov, Prakarsa and Ilsya, Hayadi and Rina, Suthia Hayu (2023) PENEREPAN CLEANLINESS, HEALTHY, SAFETY, AND ENVIRONMENTAL SUSTAINABILITY (CHSE) PADA RUMAH MAKAN ALBAIK CHICKEN KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SEMINAR HASIL SKRIPSI ARNOV PRAKARSA C1B017121 PENEREPAN_CHSE_PADA_RUMAH_MAKAN_ALBAIK_CHICKEN_DAN_HOTEL_SANTIKA_DI_KOTA_BENGKULU 2024 (8)_compressed (1)_compressed (1) - Kelapa Muda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (958kB)

Abstract

Adanya anjuran dari pemerintah untuk mengurangi aktivitas berpergian selama masa pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap sektor rumah makan .Hal ini terlihat dari berkurangnya niat para pelanggan untuk berkunjung ke rumah makan sehingga menyebabkan menurunnya pendapatan untuk kedua sektor tersebut sehingga mengalami kerugian. Dampak dari kerugian tersebut akan menyebabkan banyak stakeholder melakukan PHK sebagai langkah efektif untuk mengurangi kerugian karena tidak adanya pendapatan operasional (Syaharuddin, 2020). Para pelanggan merasa enggan berpergian karena takut akan tertular virus Covid�19. Namun, saat ini pemerintah telah menyebutkan bahwa, dengan adanya implementasi protokol kesehatan Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) cukup berhasil dalam upaya meningkatkan lagi kepercayaan para pelanggan untuk berkunjung ke tempat-tempat tersebut. Adanya sertifikat CHSE yang dipajang dirumah makan serta media promosi lainnya menjadi salah satu bentuk jaminan bagi para pelanggan bahwa penularan Covid-19 dapat teeliminir. Pandemi Covid-19 ini memberikan dampak yang sangat besar pada aspek sosial dan ekonomi. Pandemi ini juga memaksa kita untuk melakukan perubahan dalam berinteraksi antar sesama. Dalam menjalani kehidupan tentunya perubahan adalah hal yang mutlak terjadi dan hendaknya selalu berfikir positif bahwa perubahan yang terjadi akan menghasilkan sesuatu yang baik. Dengan konsisten menerapkan perilaku hidup yang bersih dan menerapkan protokol kesehatan yang benar di kehidupan sehari-hari, semoga keadaan akan segera pulih seperti semula. Penerapan CHSE dilakukan agar sektor-sektor tersebut harus bersiap diri untuk dapat memberikan jaminan kesehatan dan kebersihan akan pelayanan yang diberikan kepada pengunjung. Penerapan CHSE ini juga tentunya berguna agar rumah makan tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Indonesia. Rumah makan wajib memastikan aspek-aspek apa saja yang diperlukan untuk mencegah penyebaran virus tersebut. viii Kemenparekraf sendiri menilai bahwa kunci utama dalam pengembalian kondisi harus dilakukan melalui protokol kesehatan yang disiplin. Program ini hadir sebagai upaya pemerintah dalam menciptakan ruang yang aman dan nyaman bagi para pengunjung. Pedoman kesehatan dan keamanan menjadi salah satu aspek penting dalam industri atau sektor rumah makan. Salah satu cara untuk memperketat penerapan protokol kesehatan dan standar kebersihan, kesehatan, keamanan serta keselamatan dengan menggunakan pedoman dari CHSE. Langkah-langkah implementasi untuk menerapkan protokol yang ada pada pedoman CHSE yang terbagi menjadi 2 (dua) yaitu panduan umum dan panduan khusus. Penerapan pada panduan umum menyangkut hal-hal yang berkaitan tentang manajemen tata kelola pada area rumah makan secara garis besar, sedangkan panduan khusus ini diterapkan bagi karyawan, tamu/pelanggan dan pihak lainnya yang terlibat dengan aktivitas rumah makan. Sektor rumah makan mulai memperketat penerapan protokol kesehatan dan standar kebersihan, serta keamanannya dengan menggunakan pedoman CHSE tersebut. Dengan adanya sertifikasi CHSE diharapkan industri rumah makan lebih baik dalam penanganan hygiene dan sanitasi serta penerapan protokol kesehatan guna pencegahan dampak Covid-19. Penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE pada rumah makan berguna untuk membangkitkan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan serta mendorong pelanggan untuk berkunjung, dan yang terpenting sekarang adalah bagaimana mengembalikan kepercayaan pengunjung dan pelanggan. Kita harus menjaga kesehatan dan kebersihan agar Covid-19 segera ditangani dan sektor rumah makan kembali bangkit lagi. Protokol CHSE ini ditujukan bagi semua pihak, mulai dari pengelola, pemilik, asosiasi, karyawan, pengunjung, kelompok masyarakat hingga Pemerintah Daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 28 Aug 2024 09:13
Last Modified: 28 Aug 2024 09:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20818

Actions (login required)

View Item View Item