STAKEHOLDERS ENGAGEMENT PADA PUBLIKASI CSR DAN ASOSIASINYA DENGAN KINERJA KEUANGAN: STUDI PADA PLATFORM SOSIAL MEDIA

Abdurrachman, Bakrie and Berto, Usman and Ridwan, Nurazi (2023) STAKEHOLDERS ENGAGEMENT PADA PUBLIKASI CSR DAN ASOSIASINYA DENGAN KINERJA KEUANGAN: STUDI PADA PLATFORM SOSIAL MEDIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
pdf skripsi ray - Rayberto john Yetyurov.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum menguji pengaruh antara stakeholders engagement terhadap kinerja keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022. Perusahaan sendiri pada umumnya memberikan perhatian besar pada upaya optimalisasi nilai perusahaan. Perusahaan perlu menjaga dan meningkatkan nilai perusahaannya. Salah satu caranya dengan melakukan peningkatan kinerja keuangan dan mempublikasikannya kepada publik. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan nilai atau legitimasi perusahaan adalah dengan melakukan aktivitas yang bersifat sosial. Atau yang lebih dikenal dengan CSR. Proses aktivitas CSR tentu harus diketahui oleh para stakeholders agar terkomunikasikan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh stakeholders engagement yang diproksikan dengan sosial media (Facebook, X, Instagram, Youtube) dan hubungannya dengan kinerja keuangan yang diukur dengan return on assets dan return on equity pada perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari beberapa sumber seperti IDX, website perusahaan terkait, akun sosial media resmi perusahaan terkait. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel, 93 (Facebook), 62 (X), 76 (Intagram), dan 42 (Youtube). Uji yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji signifikansi parsial, uji signifikansi simultan, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Stakeholders engagement yang dilihat via Facebook, X, dan Instagram tidak berpengaruh signifikan terhadap return on assets dan return on equity perusahaan, sedangkan memiliki pengaruh secara parsial jika dilihat via Youtube karena terdapat variabel yang berpengaruh signifikan yakni pada youtube komentar. Saran kepada perusahaan, terkhusus perusahaan yang telah melakukan publikasi melalui sosial media untuk dapat mensosialisasikan lagi akan pentingnya menjaga lingkungan dan penerapan ESG. Memahami lebih dalam mengenai fenomena dan tipikal pengguna dari masing-masing sosial media. Sehingga masyarakat lebih dekat dan peduli tentang lingkungan sekitarnya. Saran kepada peneliti selanjutnya untuk mencoba menggunakan variabel yang berkemungkinan memiliki interaksi langsung yang berkaitan dengan fenomena yang terjadi pada dunia maya seperti harga saham dan return saham.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:51
Last Modified: 29 Aug 2024 01:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20829

Actions (login required)

View Item View Item