PERILAKU ONLINE GAME ADDICTION DALAM LOYALITAS PADA STUDI KASUS GAME EFOOTBALL MOBILE DI INDONESIA

Ikhsan, Wahyudi and Lizar, Alfansi and Muhartini, Salim (2023) PERILAKU ONLINE GAME ADDICTION DALAM LOYALITAS PADA STUDI KASUS GAME EFOOTBALL MOBILE DI INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Ikhsan Wahyudi C1B019052[1] - Ikhsan Wahyudi_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, kemajuan teknologi berkembang sangat pesat salah satunya perkembangan di bidang internet. Kemajuan teknologi informasi, khususnya internet, telah mengubah gaya hidup konsumen. Cara bersosialisasi, bekerja, berbelanja, dan mengumpulkan informasi produk dipengaruhi oleh kemajuan internet yang sangat luar biasa (Alfansi, 2016). Hampir semua orang memanfaatkan internet baik untuk berkomunikasi, akses informasi, maupun untuk hiburan seperti bermain game online. Game online adalah game berbasis elektronik dan visual yang dapat dimainkan dengan akses internet sehingga memungkinkan untuk dapat bermain dengan teman maupun orang lain yang berada di belahan bumi lainnya dalam waktu yang bersamaan (Ho & Lu, 2012), Pertumbuhan dramatis jaringan serta perangkat seluler telah mengubah kehidupan sehari-hari di seluruh dunia. Smartphone dan tablet adalah salah satu contoh perangkat seluler yang kini tersedia untuk membantu pengguna dalam berbagai tugas dan aktivitas serta telah mendorong meningkatnya permintaan pada game yang dioperasikan ke perangkat seluler (Hsiao & Chen, 2016). Menurut riset Newzoo, jumlah perangkat game mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dengan game mobile dengan pendapatan $77,2 miliar di peringkat pertama dengan tingkat pertumbuhan 48%, game smartphone $63,6 miliar di posisi kedua dengan pertumbuhan 40%, game console $45,2 miliar dan PC $36,6 miliar dengan pertumbuhan 28% dan 23% (Newzoo.com, 2021). Game Efootball Mobile merupakan versi yang dirancang khusus untuk perangkat game mobile seperti smartphone dan tablet. Game ini memiliki fitur-fitur yang mirip dengan versi PC ataupun konsol game, namun dengan pengalaman bermain yang lebih mudah dan nyaman di perangkat mobile. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Menguji dan menganalisis pengaruh flow experience terhadap online game addiction dalam bermain game eFootball di Indonesia 2) Menguji dan menganalisis pengaruh online social interaction terhadap online game addiction dalam bermain game eFootball di Indonesia 3) Menguji dan menganalisis pengaruh perceived enjoyment terhadap online game addiction dalam bermain game eFootball di x Indonesia 4) Menguji dan menganalisis pengaruh flow experience terhadap mobile game loyalty dalam bermain game eFootball di Indonesia 5) Menguji dan menganalisis pengaruh perceived enjoyment terhadap mobile game loyalty dalam bermain game eFootball di Indonesia 6) Menguji dan menganalisis pengaruh online game addiction terhadap mobile game loyalty dalam bermain game eFootball di Indonesia Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner online dengan menggunakan google form. Teknik non-probability sampling digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 300 responden yang bermain game eFootball di Indonesia. Kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Flow Experience dapat secara positif dan signifikan mempengaruhi Online Game Addiction dengan nilai p-value sebesar 0.000 (<0,50). 2) Online Social Interaction dapat secara positif dan signifikan mempengaruhi Online Game Addiction dengan nilai p-value sebesar 0.000c(<0,50). 3) Perceived Enjoymenr dapat secara positif dan signifikan mempengaruhi Online Game Addiction dengan nilai p-value sebesar 0.000 (<0,50). 4) Flow Experience dapat secara positif dan signifikan mempengaruhi Mobile Game Loyalty dengan nilai p-value sebesar 0.009 (<0,50). 5) Perceived Enjoyment dapat secara negatif dan tidak signifikan mempengaruhi Mobile Game Loyalty dengan nilai p-value sebesar 0.420 (>0,50). 6) Online Game Addiction dapat secara positif dan signifikan mempengaruhi Mobile Game Loyalty dengan nilai p-value sebesar 0.000 (<0,50). Industri game online merupakan bisnis multi-miliar dolar yang tergantung pada pemain yang loyal. Memahami peran serta hubungan antara perilaku kecanduan dan loyalitas pemain dapat membantu pengembang game dan juga perusahaan game dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam mempertahankan pemain mereka dan juga tetap memperhatikan kesejahteraan para pemainnya

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:32
Last Modified: 29 Aug 2024 02:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20851

Actions (login required)

View Item View Item