PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN TEKNOLOGI KEUANGAN TERHADAP INKLUSI KEUANGAN PADA PENGGUNAAN LAYANAN PEMBAYARAN DIGITAL DANA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Bengkulu)

Melinia, Elvionita and Intan, Zoraya and Dewi, Rahmayanti (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN TEKNOLOGI KEUANGAN TERHADAP INKLUSI KEUANGAN PADA PENGGUNAAN LAYANAN PEMBAYARAN DIGITAL DANA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI MELINIA ELVIONITA (final) - Melinia Elvionita_compressed_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Inklusi keuangan merupakan proses yang memberikan kemudahan dalam akses, ketersediaan dan manfaat dari sistem keuangan formal bagi seluruh pelaku ekonomi (Ummah et al, 2018). Menurut ketentuan Perpres no. 114 Tahun 2020 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) upaya pencapaian tujuan keuangan inklusif adalah dengan mendorong penguatan integritas kegiatan ekonomi dan keuangan inklusif melalui produk dan layanan keuangan digital. Peningkatan inklusi keuangan harus didukung oleh adanya perkembangan teknologi keuangan. Teknologi keuangan paling popular di Indonesia adalah kategori sistem pembayaran dengan angka mencapai 38% (Fintechnews, 2018). Salah satu sistem pembayaran yang sering digunakan bahkan menduduki peringkat kedua di Indonesia yaitu DANA (Populix, 2022). Technology acceptance model (TAM) pertama kali dikembangkan oleh Davis (1989) untuk mempelajari niat konsumen dalam menerima penggunaan teknologi informasi. Menurut Davis (1989) actual use merupakan suatu kondisi yang sebenarnya dan nyata atas penggunaan suatu sistem tersebut. Literasi keuangan merujuk pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 76/ POJK.07/2016 mencakup pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan seseorang individu dalam membuat keputusan terkait pengelolaan keuangan untuk meningkatkan kesejahteraannya. Teknologi keuangan adalah produk keuangan, layanan, teknologi atau model bisnis baru yang mengembangkan stabilitas keuangan baru, terkait dengan sistem stabilitas keuangan. atau kinerja keuangan, integritas, keamanan, dan keandalan pembayaran (Peraturan Bank Indonesia No. 1. 19/12/PBI/2017). Menurut Ummah et al (2018) Inklusi keuangan merupakan proses yang memberikan kemudahan dalam akses, ketersediaan dan manfaat dari sistem keuangan formal bagi seluruh pelaku ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data primer yang didapat langsung dari responden dengan desain survei online. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif program D3 dan S1 Universitas Bengkulu yang menggunakan DANA. Metode pengambilan sampel menggunakan Teknik sampling acakan secara proporsional dengan stratifikasi (proportionate stratified random sampling). Sehingga jumlah responden pada penelitian ini x sebanyak 390 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda yang menggunakan softwere IBM SPSS 26.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap inklusi keuangan pengguna layanan pembayaran digital DANA pada mahasiswa Universitas Bengkulu. 2) teknologi keuangan tidak berpengaruh terhadap inklusi keuangan pengguna layanan pembayaran digital DANA pada mahasiswa Universitas Bengkulu. Saran untuk penelitian selanjutnya ialah agar dapat memperluas populasi penelitian yang tidak hanya diambil dari mahasiswa Universitas Bengkulu. Keterbatasan pada penelitian ini terdapat pada pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner karena jawaban yang diberikan oleh responden terkadang tidak menunjukkan keadaan yang sebenarnya. Kemudian, penelitian ini memiliki keterbatasan dari segi cakupan objek penelitian, peneliti hanya terbatas pada satu alat pembayaran digital yaitu pengguna DANA. Karena terdapat banyak alat pembayaran digital lainnya yang dapat meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:45
Last Modified: 29 Aug 2024 02:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20857

Actions (login required)

View Item View Item