SINTESIS NANOPARTIKEL PERAK MENGGUNAKAN BIOREDUKTOR EKSTRAK DAUN AWAR-AWAR (Ficus septica Burm. F.) SEBAGAI DETEKTOR ION LOGAM MERKURI

Gendis, Sabrina and Eka, Angasa and Asdim, Asdim (2024) SINTESIS NANOPARTIKEL PERAK MENGGUNAKAN BIOREDUKTOR EKSTRAK DAUN AWAR-AWAR (Ficus septica Burm. F.) SEBAGAI DETEKTOR ION LOGAM MERKURI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Draft Akhir FIX Skripsi Gendis Sabrina (1) - Gendis Sabrina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis dan mengkarakterisasi nanopartikel perak menggunakan ekstrak daun awar-awar (Ficus septica Burm), serta mengetahui keselektifannya sebagai detektor ion logam merkuri. Pada penelitian ini digunakan ekstrak daun awar-awar sebagai bioreduktor dan penstabil, larutan AgNO3 0,01M sebagai prekursor, dan larutan garam HgCl2 sebagai larutan garam standar yang akan diuji selektifitasnya. Reaksi pembentukan nanopartikel perak dilakukan dengan menambahkan ekstrak daun awar-awar dan AgNO3 0,01M pada variasi volume 1:1, 1:2, dan 1:3 dengan variasi waktu reaksi 1 jam, 6 jam, 12 jam, 24 jam, 48 jam, dan 72 jam. Kemudian nanopartikel perak yang terbentuk dipantau dengan menggunakan spektrofotometer UV�Vis dan dikarakterisasi menggunakan instrumen FTIR dan PSA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan nanopartikel perak optimum pada perbandingan 1:2 dengan lama reaksi 48 jam. Hasil karakterisasi gugus fungsi dengan FTIR menunjukkan bahwa gugus fungsi −OH, C=O, C−H, dan C−O berperan sebagai pereduksi Ag+ . Ukuran nanopartikel perak yang diperoleh ditentukan dengan menggunakan Particle Size Analyzer (PSA) dan hasilnya menunjukkan bahwa ukuran partikel rata-rata adalah 104 nm. Keselektifan nanopartikel perak yang dihasilkan terhadap logam merkuri secara kolorimetri menunjukkan bahwa partikel perak selektif terhadap ion logam merkuri. Kata Kunci: Tumbuhan Awar-awar, Nanopartikel Perak, Detektor, Logam Merkuri.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: Lili Haryanti, S.IPust
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:29
Last Modified: 29 Aug 2024 03:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20871

Actions (login required)

View Item View Item