KINERJA FINANSIAL DAN NON FINANSIAL USAHATANI JAMBU KRISTAL MERAH DI DESA SUMBER MELATI DISKI KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA

Karolina, Br Sitepu and Ketut, Sukiyono and Reswita, Reswita (2023) KINERJA FINANSIAL DAN NON FINANSIAL USAHATANI JAMBU KRISTAL MERAH DI DESA SUMBER MELATI DISKI KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi_Karolina Br Sitepu_E1D016087 Agribisnis - Carolina Sitepu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara tropis yang cocok untuk melakukan kegiatan usahatani, pengembangan dan produksi tanaman buah-buahan. Jenis tanaman yg masih ada pada wilayah tropis salah satunya ialah jambu kristal. Jambu batu (Psidium guajava) dikenal juga menjadi jambu kristal, mempunyai buah dan berdaging berwarna putih atau merah. Provinsi Sumatera Utara memiliki beberapa Kabupaten. Salah satu Kabupaten yang terdapat pada Provinsi Sumatera Utara yaitu Kabupaten Deli Serdang. Kabupaten Deli Serdang merupakan salah satu kabupaten sentra tanaman jambu kristal. Salah satu jenis jambu kristal yang dimiliki yaitu Jambu Kristal Merah. Dalam mengembangkan usahataninya, petani selalu mengharapkan pendapatan yang sebanding atau lebih besar dari modal yang dikeluarkan selama dilaksanakannya usahatani tersebut. Namun, tingkat pendapatan petani sangat bergantung pada biaya produksi dan harga jual hasil produksinya. Untuk itu diperlukan analisis ekonomi yaitu dengan melihat kinerja finansial dan non finansial pada usahatani jambu kristal merah. Lokasi penelitian dilakukan dengan disengaja yaitu di Desa Sumber Melati Diski Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini dilaksanakan agar melihat perkembangan usahatani jambu kristal merah di desa Sumber Melati Diski. Waktu penelitian dilakukan pada tahun 2020. Penentuan responden yang dilakukan pada penelitian ini yaitu secara sengaja (purposive sampling). Responden dalam penenlitian ini adalah petani jambu kristal merah. Petani jambu kristal merah yang dimaksud adalah petani yang berusahatani jambu kristal merah sendiri. Jumlah populasi Desa Sumber Melati Diski yang berusahatani jambu kristal merah adalah 30 petani. Seluruh petani digunakan sebagai responden. Sehingga teknik penentuan responden adalah sensus. Metode analisis data yang dilaksanakan pada penelitian ini ialah pengukuran dengan menggunakan analisis finansial dan non finansial. Pada kinerja finansial menganalisis dengan profitabilitas yang diperoleh dari usahatani jambu kristal merah, dengan terlebih dahulu melakukan perhitungan pada pendapatan terhadap usahatani jambu kristal merah dan efisiensi usahatani jambu kristal merah, setelah itu menggunakan alat analisis Kinerja finansial usahatani jambu kristal merah baik, ini terlihat dari pendapatan dalam 1 tahun sebesar Rp. 14.452.869, R/C ratio sebesar 1,59, nilai Gross Profit Margin (GPM) sebesar 37,06 persen dan Net Profit Margin (NPM) sebesar 36,50 persen. Kinerja non finansial pada usahatani jambu kristal merah sudah baik dapat dilihat dari nilai produktivitas total pada usahatani jambu krital merah sebesar 1,59. Produktivitas parsial pada tenaga kerja sebesar Rp. 188.949,8/HOK, pada modal sebesar 0,0004 Kg/Rp, lahan sebesar 22.592,4 kg/ha, alat pertanian sebesar 316,09, dan pada pohon sebesar 40,70 kg/batang. Kata Kunci : Kinerja Finansial, Kinerja Non finansial , profitabilitas, GPM, NPM, Produktivitas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 30 Aug 2024 02:47
Last Modified: 30 Aug 2024 02:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20911

Actions (login required)

View Item View Item