ANALISIS EFISIENSI TEKNIS HOME INDUSTRY KERUPUK KAMANG DI KENAGARIAN KAMANG HILIR KECAMATAN KAMANG MAGEK KABUPATEN AGAM PROVINSI SUMATERA BARAT

Silvi, Permata Sari and M Mustopa, Romdhon and Satria, Putra Utama (2023) ANALISIS EFISIENSI TEKNIS HOME INDUSTRY KERUPUK KAMANG DI KENAGARIAN KAMANG HILIR KECAMATAN KAMANG MAGEK KABUPATEN AGAM PROVINSI SUMATERA BARAT. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_Silvi Permata Sari_Fakultas-1 - FEMBI NUR ILHAM.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Saat ini singkong mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi sehingga berpotensi untuk dikembangkan. Faktor ini terlihat dari banyaknya inovasi dan kreasi baru yang dikembangkan oleh industri makanan sebagai lapangan usaha untuk menciptakan arus yang kompetitif, salah satunya adalah olahan kerupuk yang berbahan baku kayu ubi. Kerupuk yang menjadi makanan khas Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam adalah kerupuk Kamang. Untuk menghasilkan kerupuk Kamang menggunakan faktor-faktor produksi dan efisiensi Teknis sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “Analisis Efisiensi Teknis Industri Rumah Tangga Kerupuk Kamang di Kenagarian Kamang Hilir Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat”. Penelitian bertujuan untuk 1) menganalisis tingkat efisiensi teknis pada home industry kerupuk kamang di Kenagarian Kamang Hilir 2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat efisiensi teknis pada home industry kerupuk kamang di Kenagarian Kamang Hilir. Penelitian ini dilakukan secara sengaja di Kenagarian Kamang Hilir Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam. Responden dalam penelitian ini berjumlah 51 pelaku usaha home industry kerupuk kamang. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan metode fungsi produksi Cobb-Douglas diubah ke dalam bentuk logaritmik, kemudian analisis data menggunakan Frontier Stochastic. Hasil analisis menunjukkan rata-rata tingkat efisiensi teknis sebesar 0,5792 dan faktor yang mempengaruhi efisiensi teknis adalah bahan baku, garam, jam kerja, umur, jumlah anggota keluarga sedangkan bawang perai, bahan bakar pertalite dan gas, pendidikan pengalaman usaha adalah tidak signifikan pada home industry kerupuk kamang. Kata kunci: efisiensi teknis, stochastic frontier, kerupuk kamang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 30 Aug 2024 02:52
Last Modified: 30 Aug 2024 02:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20913

Actions (login required)

View Item View Item