PERJANJIAN SEWA KEBUN KELAPA SAWIT ANTARA PIHAK PEMILIK DENGAN PIHAK PENYEWA DI KECAMATAN TERAMANG JAYA KABUPATEN MUKOMUKO

Yoga, Adi Saputra and Hamdani, Ma’akir and M.Yamani, Yamani (2019) PERJANJIAN SEWA KEBUN KELAPA SAWIT ANTARA PIHAK PEMILIK DENGAN PIHAK PENYEWA DI KECAMATAN TERAMANG JAYA KABUPATEN MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
FULL SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perjanjian sewa kebun kelapa sawit antara pihak pemilik dengan pihak penyewa di Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko. Kedua belah pihak melakukan perjanjian sewa menyewa ini yaitu dalam hal pengalihan hak pemanfaatan kebun kelapa sawit. dan bentuk perjanjian sewa ini yakni perjanjian tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perjanjian sewa kebun kelapa sawit antara pihak pemilik dengan pihak penyewa di Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko serta mengkaji bagaimana tanggung jawab para pihak pada Permasalahan dalam pelaksanaan perjanjian sewa kebun kelapa sawit antara pihak pemilik dengan pihak penyewa di Kecamatan Teramang jaya Kabupaten Mukomuko. Jenis penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris, yang mana dalam penelitian ini data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengolahan data dilakukan melalui proses editing. Kemudian data dianalisis dengan metode analisis kualitatif. hasil penelitian menunjukan bahwa perjanjian Sewa kebun kelapa sawit dibuat dalam bentuk perjanjian tertulis. Dalam melaksanakan perjanjian sewa antara kedua belah pihak, pernah timbulnya suatu permsalahan atau suatu ingkar janji (wanprestasi). Permasalahan atau perselisihan yang timbul tersebut tentu ada pertanggung jawaban hukum dalam permasalahan tersebut, upaya penyelesaian permasalahan biasanya dilakukan secara musyawarah atau secara kekeluargaan. Kata Kunci: Perjanjian Sewa, Kebun Kelapa Sawit, Para Pihak, Tanggung Jawab Hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: Irma Rohayu, S.IPust
Date Deposited: 30 Aug 2024 08:28
Last Modified: 30 Aug 2024 08:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20967

Actions (login required)

View Item View Item