PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOKLET BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG DI KELAS XI SMA NEGERI KOTA BENGKULU (Research and Development)

Ramadhan, Nadillatri Sagita and Desy, Hanisa Putri and Connie, Connie (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOKLET BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG DI KELAS XI SMA NEGERI KOTA BENGKULU (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
NADILATRI SAGITA RAMADHANI_A1E019036 - Puji Anggita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

E-booklet merupakan media pembelajaran yang mudah diakses kapan saja dan dapat membantu peserta didik dalam melakukan pembelajaran secara mandiri yang dapat mengembangkan keterampilan berpikir kreatif. E-booklet dapat digunakan secara mandiri oleh peserta didik dengan bantuan aplikasi canva dan Flip PDF Profesional. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk e-booklet yang berorientasi keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi gelombang kelas XI SMA. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation and evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap akhir yaitu tahap evaluasi. Berdasarkan hasil dari validasi ahli, diperoleh presentase skor keseluruhan sebesar 93,5% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil angket respon peserta didik diperoleh presentase skor keseluruhan sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Simpulan dari hasil penelitian bahwa e-booklet berorientasi keterampilan bepikir kreatif pada materi gelombang di kelas XI SMA layak untuk digunakan. Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran, E-Booklet, Keterampilan Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 30 Aug 2024 09:36
Last Modified: 30 Aug 2024 09:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20970

Actions (login required)

View Item View Item