PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MATERI IMPULS DAN MOMENTUM BERBANTUAN MOOCs UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI SMAN KOTA BENGKULU

Widodo, Sheila Selvyana and Eko, Risdianto and Rosane, Medriati (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MATERI IMPULS DAN MOMENTUM BERBANTUAN MOOCs UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI SMAN KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI SHEILA_compressed - Shilaa Selvyana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk yang layak berupa bahan ajar digital materi impuls dan momentum berbantuan MOOCs untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian juga berguna untuk melihat persepsi dan peningkatan hasil belajar pada penggunaan bahan ajar digital berbantuan pada materi impuls dan momentum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian R&D dengan menggunakan model 4D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, wawancara. Untuk menghasilkan produk yang layak dilakukan uji validasi ahli oleh 2 orang judgement ahli dan 1 orang praktisi dan didapatkan hasil rata-rata 89,03% yang termasuk dalam kategori sangat layak . Pada hasil angket presepsi peserta didik yang didapatkan 83,51% menyatakan bahan ajar digital berbantuan MOOCs sangat baik. Penelitian ini menggunakan metode pra eksperimental one grup pretes posttes design. Penelitian ini diujicobakan secara terbatas pada salah satu kelas X di SMAN 04 Kota Bengkulu. Hasil yang diperoleh adalah ada perbedaan hasil belajar siswa ketika belajar menggunakan bahan ajar digital berbantuan MOOCs untuk kemampuan berpikir kritis. Hasil pretes dan post tes yang dilakukan juga membuktikan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa dimana rata-rata bisa naik dari 42,6 menjadi 86,8 . Kata Kunci: Bahan ajar digital, MOOCs, Melatihkan kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 30 Aug 2024 09:36
Last Modified: 30 Aug 2024 09:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20973

Actions (login required)

View Item View Item