Septi, Tri and Rosane, Medriati and Dedy, Hamdani (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Skripsi_Tri Septi_UNIB - tri septi.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di era digital. Tujuan penelitian utama penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis google sites pada materi gelombang cahaya serta untuk mengetahui kelayakan, respon siswa, dan peningkatan pemahaman konsep siswa. Penelitian dan pengembangan (Research & Development) ini menggunakan model 4D. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis google sites telah memenuhi standar kelayakan isi, kebahasaan, dan media dengan rata – rata presentase 93%. Mendapatkan respon siswa berdasarkan angket respon mendapatkan respon sangat baik dengan rata – rata presentase 86,7 %. Hasil analisis data test siswa setalah penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis google sites menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dengan skor N-gain 0,57 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif berbasis google sites yang dikembangkan layak dengan respon siswa baik dan dapat meningkatkan pemahaman konsep dengan kategori sedang. Keywords: Media Pembelajaran, interaktif, google sites, Pemahaman konsep
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 01:12 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 01:12 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20977 |
Actions (login required)
View Item |