sari, Windri ivo and Indra, Sakti Lubis and Eko, Risdianto (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMAN 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Skripsi_Windri Ivo Sari_UNIB - windri ivosari.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, yang pertama menjelaskan apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran TANDUR terhadap hasil belajar siswa. Yang kedua mengetahui besar pengaruh model pembelajaran TANDUR. Penelitian ini dilakukan di dua kelas XI MIPA SMAN 6 Kota Bengkulu. Sampel pada penelitan ini melibatkan 2 kelas yaitu kelas XI MIPA B sebagai kelas ( Eksperimen ) serta kelas XI MIPA C sebagai kelas ( Kontrol ). Jumlah siswa yang teribat di penelitian ini adalah sebanyak 66 siswa yang terdiri dari 33 siswa dari kelas XI MIPA B dan 33 siswa dari kelas XI MIPA C. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar fisika. Analisisi data menggunakan uji-t dua sampel independent untuk pengaruh hasil belajar siswa. Serta menggunakan uji determinasi untuk besar pengaruh model pembelajaran TANDUR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran TANDUR dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran ceramah dengan data sebesar thitung = 6,3 > ttabel = 1,99 pada taraf signifikan ( 0,05 ). Sedangkan besar pengaruh penerapan model pembelajaran TANDUR terhadap hasil belajar fisika siswa yaitu sebesar 40%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TANDUR berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa serta terdapat cukup besar pengaruh model pembelajaran TANDUR terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Hasil belajar, model pembelajaran TANDUR
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 09:37 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 09:37 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20978 |
Actions (login required)
View Item |