PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MOFIN (MONOPOLI FISIKA SAINS) PADA SISWA SMA KELAS X (RESEARCH AND DEVELOPMENT)

Peranti, Peranti and Andik, Purwanto and Eko, Risdianto (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MOFIN (MONOPOLI FISIKA SAINS) PADA SISWA SMA KELAS X (RESEARCH AND DEVELOPMENT). Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive
PERANTI (SKRIPSI).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran permainan, yang bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran melalui pengembangan media pembelajaran permainan Mofin (Monopoli Fisika-Sains) kelas X IPA pada materi Dinamika Partikel. Model pengembangan yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran Mofin menggunakan Pengembangan 4D, yaitu Define, Design, Develop dan Dissemination yang disesuaikan karena tidak melalui tahap Dissemination. Data diperoleh melalui wawancara tak terstruktur dan angket yang berasal dari ahli media, ahli materi, guru fisika sebagai reviewer dan siswa sebagai responden.. Hasil produk penelitian ini menunjukkan bahwa pada aspek desain media memiliki kriteria yang baik (81%), aspek penyajian materi memiliki kriteria baik (74%), dan aspek kelayakan media pembelajaran Mofin dalam pembelajaran memiliki kategori baik (88%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran permainan Mofin dalam bentuk papan permainan pada materi Dinamika Partikel untuk siswa SMA Kelas X secara keseluruhan memiliki kriteria baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran, Monopoli Fisika, Dinamika Partikel

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 30 Mar 2020 03:42
Last Modified: 30 Mar 2020 03:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20984

Actions (login required)

View Item View Item