PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Pada WPOP Pelaku UMKM Di Kabupaten Rejang Lebong)

Yolanda, Agustina and Isma, Coryanata and Novitasari, Novitasari (2024) PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Pada WPOP Pelaku UMKM Di Kabupaten Rejang Lebong). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI YOLANDA AGUSTINA C1C019111 - yolanda agustina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Wajib pajak yang paham akuntansi dan perpajakan, dapat membuat kepatuhan wajib pajak meningkat. Seorang wajib pajak yang paham akuntansi akan mengolah data keuangan usahanya sendiri sesuai dengan kebijakan yang berlaku dan bagi wajib pajak yang paham perpajakan dapat membuat wajib pajak secara sadar akan mencari tahu cara membayar pajak UMKM nya tersebut guna menghindari sanksi perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman akuntansi dan pemahaman perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kabupaten Rejang Lebong yang terdaftar di KPP Pratama Curup. Populasi penelitian ini adalah seluruh wajib pajak UMKM di Kabupaten Rejang Lebong. Sampel objek penelitian akan dipilih dari populasi ini dengan menggunakan purposive sampling untuk pemilihan sampel. Pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data primer menggunakan kuesioner ini melibatkan 70 responden yang sudah memenuhi kriteria yang ada. Teknik analisis data yaitu analisis linier berganda dengan bantuan SPSS 26 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pemahaman akuntansi tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kabupaten Rejang Lebong sedangkan pemahaman perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kabupaten Rejang Lebong. Implikasi berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pemahaman akuntansi dan perpajakan mendukung theory of planned behavior. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan pemerintah untuk dijadikan sumber informasi dalam rangka meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu pertanyaan yang dibuat oleh peneliti kurang kuat untuk membuktikan pemahaman akuntansi dan perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Sehingga variabel pemahaman akuntansi tidak memiliki pengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kabupaten Rejang Lebong. Kata Kunci : Pemahaman Akuntansi, Pemahaman Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 01 Sep 2024 05:16
Last Modified: 01 Sep 2024 05:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20989

Actions (login required)

View Item View Item