PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PENGAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2005/2006

Subekti, Susilo and Ariesta, Ria and Purwadi, Agus Joko (2006) PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PENGAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2005/2006. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
IV,V-SUS-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text
I,II,III-SUS-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengelolaan kelas dalam pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas X c SMA negeri 2 Kota Bengkulu, semester 1, tahun ajaran 2005/2006. Metode dalam Penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui teknik rekaman, observasi, dan foto. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Bahasa dan Sastra Indonesia yang mengajar di kelas X c SMA negeri 2 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian dan Pembahasan diketahui bahwa, pelaksanaan pengelolaan kelas pada komponen penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal sudah dilaksanakan oleh guru. Ada dua kegiatan yang tidak dilaksanakan oleh guru yaitu, guru tidak pernah memberikan informasi tentang tujuan yang hendak dicapai dari materi yang akan diajarkannya, dan guru tidak pernah mengontrol catatan-catatan siswa. Pada komponen pemeliharaan kondisi belajar yang optimal, pada aspek kegiatan modifikasi tingkah laku serta menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah, sudah dilaksanakan oleh guru. Selanjutnya, pada aspek kegiatan pengelolaan kelompok, guru tidak melaksanakan bimbingan belajar kelompok atau berdiskusi dalam kelompok kecil pada siswa. Selain itu, guru juga tidak melaksanakan bimbingan diskusi menganalisis pandangan siswa, membimbing diskusi memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif, dan membimbing diskusi yang akhirnya hasil diskusi dapat disimpulkan. Dalam hal ini, guru hanya melaksanakan kegiatan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dan mengoptimalkan keterlibatan siswa dalam proses belajar-mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 28 Nov 2013 11:17
Last Modified: 28 Nov 2013 11:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2100

Actions (login required)

View Item View Item