PENGARUH PRICE, CUSTOMER EXPERIENCE, DAN BRAND IMAGE TERHADAP REPURCHASE INTENTION DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI ONLINE MAXIM DI KOTA BENGKULU DENGAN PERAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

M. Senno, Alfa rizi and Lizar, Alfansi and Seprianti, Eka Putri (2023) PENGARUH PRICE, CUSTOMER EXPERIENCE, DAN BRAND IMAGE TERHADAP REPURCHASE INTENTION DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI ONLINE MAXIM DI KOTA BENGKULU DENGAN PERAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi M. Senno Alfa Rizi - M. Senno Alfarizi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Transportasi online merupakan salah satu aspek terpenting dalam kegiatan manusia. Karena tuntunan dunia akan mobilitas yang semakin tinggi saat ini. Kebutuhan akan sistem transportasi yang lebih baik semakin meningkat agar masyarakat dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah. Kehadiran aplikasi inovatif pada smartphone berbasis android atau IOS telah membawa perubahan di segala bidang, termasuk di bidang transportasi Putri et al., (2018). Maxim merupakan salah satu sebuah perusahaan teknologi internasional yang menawarkan layanan transportasi online, dan menawarkan layanan tambahan seperti pesan antar makanan dan barang, kargo dan lain-lain. Maxim menambah sebuah layananya berupa jasa Car L, delivery, food & shop, clearning, laundry, cargo, message & SPA, serta rent a car. Harga pada layanan yang diberikan Maxim ini ditawarkan memang relatif murah, karena Maxim berusaha memberikan keuntungan yang baik bagi konsumen melalui layanan yang diberikan serta berusaha menetapkan tarif atau harga yang terjangkau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online melalui media social serta teman dan keluarga. Teknik non-probability sampling digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 300 responden yang pernah menggunakan jasa transportasi Maxim di Kota Bengkulu. Kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Price dapat mempengaruhi Customer Satisfaction secara positif dan signifikan. 2) Customer Experience dapat mempengaruhi Customer Satisfaction secara positif dan signifikan. 3) Brand Image dapat mempengaruhi Customer Satisfaction secara positif dan signifikan.. 4) Price dapat mempengaruhi Repurchase Intention secara positif dan signifikan. 5). Customer Experience dapat mempengaruhi Repurchase Intention secara positif dan signifikan. 6). Brand Image dapat mempengaruhi Repurchase Intention secara positif dan signifikan. 7). Customer Satisfaction dapat xi mempengaruhi Repurchase Intention secara positif dan signifikan. 8) Customer Satisfaction dapat memediasi hubungan Price terhadap Repurchase Intention. 9) Customer Satisfaction dapat memediasi hubungan Customer Experience terhadap Repurchase Intention. 10) Customer Satisfaction dapat memediasi hubungan Brand Image terhadap Repurchase Intention Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa price, customer experience, brand image, customer satisfaction dapat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap repurchase intention pada pengguna jasa online Maxim. , kemudian customer satisfaction dapat memediasi hubungan price, customer experience, dan brand image terhadap repurchase intention. Adapun saran praktis dalam penelitian ini Sebaiknya peneliti menyarakan dari segi citra merek, Maxim harus lebih memperhatikan lagi mengenai apa yang diingankan dan dibutuhkan oleh konsumen, serta mampu untuk memberikan kesan yang baik terhadap saran dan keluhan yang disampaikan oleh pelanggan Maxim supaya pelayanan yang diberikan dapat menjadi lebih baik. Diharapkan kedepannya Maxim memberikan citra merek yang baik dibenak konsumen dan pada akhirnya dapat menciptakan kepuasan pelanggan. Ini membuat konsumen ingin menggunakan kembali Selanjutnya bagi akademisi adalah dapat menjadi sumber informasi bagi peneliti selanjutnya dalam meneliti dengan topik yang serupa dimasa mendatang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Sep 2024 10:28
Last Modified: 02 Sep 2024 10:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21016

Actions (login required)

View Item View Item