ANALISIS KINERJA BANK SYARIAH INDONESIA MELALUI PERSPEKTIF KEUANGAN DAN PERSPEKTIF PELANGGAN

Arta, Alfansyah and Vika, Fitranita and Lisa, Martiah Nila Puspita (2024) ANALISIS KINERJA BANK SYARIAH INDONESIA MELALUI PERSPEKTIF KEUANGAN DAN PERSPEKTIF PELANGGAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
(Skripsi-lengkap) Arta Alfansyah (C1C019077)_compressed - Arta Alfansyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pada awal tahun 2021, terbentuklah Bank Syariah Indonesia hasil merger tiga bank syariah milik BUMN.Penggabungan ini bertujuan untuk menyatukan kelebihan dari ketiga bank syariah (BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri), sehingga menghadirkan layanan yang lebih lengkap, jangkauan lebih luas, serta memiliki kapasitas permodalan yang lebih baik.Penggabungan ini juga diharapkan menjadi energi baru pembangunan ekonomi nasional serta berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat luas. Penggabungan tersebut tentu berdampak pada kinerja Bank Syariah Indonesia.Hal pertama yang merasakan dampak dari penggabungan ini tentu kinerja keuangan.Kemudian yang banyak merasakan dampak penggabungan ini adalah nasabah, dimana mereka perlu migrasi rekening mereka dari rekening asal menjadi rekening Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dan mendeskripsikan kinerja Bank Syariah Indonesia.Penilaian kinerja diukur melalui perspektif keuangan dan perspektif pelanggan. Pada perspektif keuangan dinilai melalui perhitungan�perhitungan rasio keuangan yaitu Rasio Profitabilitas yang terdiri atas analisis rasio ROA dan BOPO, Rasio Likuiditas yang dinilai melalui rasio FDR, dan Rasio Solvabilitas yang dinilai melalui CAR. Sedangkan pada perspektif pelanggan pengukuran kinerja berdasarkan tingkat kepuasan nasabah dalam menerima layanan yang diberikan pegawai Bank Syariah Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif.Data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer.Data sekunder merupakan data yang digunakan untuk menilai kinerja Bank Syariah Indonesia pada perspektif keuangan melalui analisis Rasio Profitabilitas, Rasio Likuiditas dan Rasio Solvabilitas.Data sekunder diperoleh melalui Laporan Keuangan per 6 bulan Bank Syariah Indonesia tahun 2022-2023 yang diterbitkan secara resmi oleh Bank Syariah Indonesia.Sedangkan data primer digunakan untuk menilai kinerja Bank Syariah Indonesia pada perspektif pelanggan, data primer merupakan data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden di seluruh Indonesia yang merupakan nasabah Bank Syariah Indonesia. Hasil menunjukkan, kinerja Bank Syariah Indonesia pada perspektif keuangan yang ditinjau melalui Rasio Profitabilitas dengan rasio ROA dan BOPO memperoleh rata-rata pada masing-masing rasio sebesar 2,12% dan 73,72%. Dilihat dari Rasio Likuiditas, yang diukur melalui rasio FDR diperoleh rata-rata sebesar 81,77%. Sedangkan pada rasio Solvabilitas melalui pengukuran CAR atau CAR diperoleh rata-rata sebesar 19,30%. Begitupula kinerja Bank Syariah Indonesia pada perspektif pelanggan, penilian kinerja diukur melalui tingkat kepuasan pelanggan atas kualitas layanan yang diberikan kepada viii nasabah.Hasilnya menunjukkan tingkat kepuasan nasabah berada pada skala Sangat Puas atas kualitas layanan yang diberikan oleh employer. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa kinerja Bank Syariah Indonesia yang ditinjau melaui perspektif keuangan maupun perspektif pelanggan secara keseluruhan menunjukkan kinerja yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Sep 2024 15:03
Last Modified: 02 Sep 2024 15:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21029

Actions (login required)

View Item View Item