Silvia, Chayanti and Izzudin, Izzudin and Armelly, Armelly (2024) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN SISTEM PENYEDIAN AIR MINUM (SPAM) PADA UNIT KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
Tesis Silvia Chayanti - ok.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penyediaan air minum merupakan salah satu kebutuhan dasar dan hak sosial ekonomi masyarakat yang harus dipenuhi oleh Pemerintah, baik itu Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat. Ketersediaan air minum merupakan salah satu penentu peningkatan kesejahteraan masyarakat, yang mana diharapkan dengan ketersediaan air minum dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan dapat mendorong peningkatan produktivitas masyarakat, sehingga dapat terjadi peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, penyediaan sarana dan prasaran air minum menjadi salah satu kunci dalam pengembangan ekonomi wilayah. Hal ini sejalan dengan tujuan dari Sustainable Development Goals, dimana target tahun 2030 bidang air minum adalah mencapai akses universal dan merata terhadap air minum yang aman dan terjangkau bagi semua. Sumber air yang digunakan oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Rafflesia berasal dari Air Susup Datar Lebar Kecamatan Taba Penanjung, Air Susup Limpasan PLTA Musi di Kecamatan Merigi Sakti dan Air Susup jalur kiri di Kecamatan Pematang Tiga.Dimana kondisi pada saat ini Perusahaan Air Minum Tirta Rafflesia telah memiliki 4.991 pelanggan, yang terdiri dari 4.621 unit SR domestik Rumah Tangga, 8 unit hidran umum dan 362 pelanggan non domestik. Dari total tersebut, jumlah pelanggan aktif yaitu sebesar 4.281 SR sedangkan terdapat 710 SR yang tidak aktif. Dengan jumlah pelanggan tersebut cakupan pelayanan Perusahaan Air Minum Tirta Rafflesia Kabupaten Bengkulu Tengah baru mencapai 17.271 jiwa atau 14,80 %. Kebutuhan air di Kabupaten Bengkulu Tengah terus meningkat hal ini di pengaruhi oleh peningkatan jumlah penduduk setiap tahunnya. Adapun rata-rata peningkatan jumlah penduduk sebesar 1.67% dan peningkatan kebutuhan air sebesar 1.73%. Namun tidak diimbangi oleh peningkatan kapasitas produksi air. Dapat dilihat pada tahun 2019 kapasitas produksi tidak mengalami peningkatan, terjadi peningkatan kapasitas produksi pada tahun 2020 namun stagnan sampai dengan tahun 2022 tidak terdapat peningkatan produksi air. Peningkatan produksi air pada tahun 2020 berasal dari optimalisasi intake yaitu peningkatan kapasitas instalasi pengelohan air Datar lebar untuk meningkatkan produksi dan menggantikan produksi IPA Karang Tinggi dan Taba Teret. Ini menunjukkan belum optimalnya kapasitas produksi air oleh SPAM yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah. Tidak optimalnya peningkatan kapasitas ix produksi air juga dipengaruhi oleh ketersediaan SPAM yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis Persepsi Masyarakat terhadap Pelayanan SPAM pada Unit Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan SPAM Perusahaan Umum Daerah Tirta Raflesia Kabupaten Bengkulu Tengah di Kecamatan Pondok Kelapa sebanyak 1.582 KK dengan sampel 158 KK yang diambil dengan sistematis random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi masyarakat Pelayanan SPAM berada pada katagori cukup baik. Pada kuantitas pelayanan katagori cukup baik dikarenakan masih adanya keluhan masyarakat bahwa air yang diterimanya belum memenuhi kebutuhannya sehari hari atau masih kurang, air yang mengalir kerumahnya kecil sehingga lama untuk memperoleh jumlah air yang dibutuhkan. Kemudian pada kualitas katagori baik dikarenakan air yang mengalir ke rumah masyarakat sudah jernih, tidak berbau dan tidak berasa. Saran kepada Perusahaan Umum Daerah Tirta Raflesia Kabupaten Bengkulu Tengah untuk dapat memperhatikan dan cepat mengatasi keluhan pelanggan akan kuantitas pelayanan SPAM karena air yang diterimanya belum memenuhi kebutuhannya sehari hari atau masih kurang, air yang mengalir kerumahnya kecil, sehingga lama untuk memperoleh jumlah air yang dibutuhkan, agar dapat meningkatkan pelayanan SPAM dan pada akhirnya berdampak pada kepuasan masyarakat pada pelayanan yang diberikan oleh Perusahaan Umum Daerah Tirta Raflesia Kabupaten Bengkulu Tengah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Perencanaan Pembangunan |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:17 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:17 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21031 |
Actions (login required)
View Item |