ANALISIS PENGEMBANGAN UMKM YANG BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KABUPATEN SELUMA

Nelliy, Nelliy and Purmini, Purmini and Armelly, Armelly (2024) ANALISIS PENGEMBANGAN UMKM YANG BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KABUPATEN SELUMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Tesis Nelliy - ok.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Ekonomi kreatif diyakini dapat menjadi terobosan baru bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi permasalahan pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja, yang sekaligus merupakan langkah alternatif dari tantangan ekonomi global yang mengarah pada transformasi ekonomi saat ini. PDB industri kreatif di Indonesia menduduki peringkat kedelapan dari sepuluh industri yang berkontribusi terhadap PDB nasional yaitu 6,28 dan nilainya 104,6 triliunan rupiah. Namun, setelah 2010 kontribusi ekonomi terhadap PDB Kreativitas terus tumbuh. Serapan tenaga kerja di ekonomi kreatif adalah 10-11% setiap tahunnya dan jumlah pekerjanya sekitar 11-12 juta orang. Pangsa industri kreatif dalam ekspor nasional juga 5-6% per tahun. Laju pertumbuhan ekonomi kreatif cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Pengembangkan UMKM dan ekonomi kreatif di kabupaten Seluma diperlukan program yang terarah Data yang dipergunakan adalah data primer, dengan metode purposive sampling dengan jumlah sebanyak 35 responden data di analisis menggunakan metode Analisis Skala Likert. Responden yang di analisa sebanyak 35 responden yang terdiri dari 28 orang Laki-laki atau 74% dari total responden dan 7 perempuan atau 26% dari total responden. 5 orang berusia di dibawah 30 tahun atau 15% dari total responden dan 35 di atas 50 tahun atau 36% dari total responden. 5 orang berpendidikan SD atau 7%, berpendidikan SLTP 7 responden atau 10%, Responden berpendidikan SLTA sebayak 25 orang atau 36% dan Responden berpendidikan perguruan tinggi sebanyak 33 responden atau 47%. Analisis mengukur persepsi responden dari 4 (empat) Indikator UMKM dan 3 ( tiga) indikator ekonomi kreatif. Hasil penelitian Variabel UMKM rata-rata 4,00 “ “Baik ” Indikator Penciptaan Iklim Usaha rata-rata 4,27 “Sangat Baik” Indikator Pembuatan Informasi terpadu rata-rata 4,00 “ Baik ” dan Indikator Pendirian Pusat Konsultasi rata-rata 4,4 Sangat Baik”, Indikator Pembuatan Sistem Pemasaran Bersama rata-rata 3,8 “ baik “. Variabel Ekonomi Kreatif rata-rata 4,00 “baik” , Tenaga kerja rata-rata”4.00” Baik”, Pendidikan dan Pelatihan rata-rata 4.00 “Baik” Penggunaan Teknologi rata-rata 4,00 “Baik”

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Perencanaan Pembangunan
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:17
Last Modified: 03 Sep 2024 02:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21032

Actions (login required)

View Item View Item