MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA DAN KARTU GAMBAR DI KELOMPOK B TK NURUL KAMAL SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG

Misrini, Misrini and Didik, Suryadi and Delrefi, Delrefi (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA DAN KARTU GAMBAR DI KELOMPOK B TK NURUL KAMAL SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
NEW SKRIPSI MISRINI LENGKAP TTD (1) - Dama Yanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui penggunaan media kartu angka dan kartu bergambar pada anak kelompok B TK. Nurul Kamal. Subyek yang diteliti anak-anak kelompok B TK. Nurul Kamal yang berjumlah 17 anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pegamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada prasiklus 20% dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan klasikal pada penelitian ini dikatakan berhasil jika dalam penggunaan kartu angka dan kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan mencapai 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kartu angka dan kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan dalam mengurutkan, menunjukkan, dan menghubungkan jumlah dengan lambang bilangan. Disarankan kepada guru dapat memberikan stimulasi yang lebih baik untuk merangsang dan meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan terutama anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci : Anak Kelompok B, Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan, Media Kartu Angka dan Kartu Bergambar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:18
Last Modified: 03 Sep 2024 02:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21046

Actions (login required)

View Item View Item