Mutia, Salsa (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA PERMULAAN PADA KELOMPOK B DI TK IT AL-KAUTSAR MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Salsa Mutia A1I019062 Skripsi - salsa mutia.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang monoton serta kemampuan membaca permulaan anak yang rendah terutama dalam menyebutkan huruf vocal dan konsonan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada kelompok B di TK IT Al-Kautsar Mukomuko. Metode penelitian dilakukan dengan penelitian tindakan kelas dengan melakukan 2 siklus dan 6 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan. Subjek dalam penelitian ini ialah anak kelompok B1 dengan jumlah 14 anak di TK IT Al-Kautsar Mukomuko. Hasil penelitian tindakan siklus I memperoleh tingkat keberhasilan penelitian 35,7% kemudian siklus II mencapai 85,7% dengan kriteria sangat baik. Oleh karena itu melalui penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini yang meliputi indikator mengenal huruf vocal, konsonan, menggabungkan huruf menjadi kata, dan menguraikan kata menjadi suku kata. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk melalukan penelitian yang berkaitan dengan meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menerapkan model pembelajaran yang terbaru serta untuk presentase kategori penilaian jangan menggunakan range yang terlalu tinggi. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Model Pembelajaran, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:18 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:18 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21049 |
Actions (login required)
View Item |