ANALISIS PENGGUNAAN MOBILE BANKING OLEH GENERASI X DI INDONESIA

Daniel, Edy Susanto and Effed, Darta Hadi and Rini, Indriani (2024) ANALISIS PENGGUNAAN MOBILE BANKING OLEH GENERASI X DI INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS FULL - Daniel Edy Susanto.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan perubahan perilaku individu terhadap penggunan digitalisasi, diiringi dengan pademi Covid-19 yang mempercepat pertumbuhan digitalisasi ekonomi generasi X di Indonesia sehingga membuat perilaku masyarakat untuk penggunaan teknologi semakin meningkat. generasi X adalah satu kalangan usia yang sangat sulit beradaptasi terhadap perubahan teknologi, namun dampak dari fenomena Covid 19 mendorong generasi X untuk menggunakan mobile banking. Melihat situasi tersebut peneliti tertarik untuk meneliti faktor apa saja yang mempengaruhi generasi X dalam penerima teknologi terutama dalam konsep metode pembayaran menggunakan mobile banking. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori yang dikembangkan oleh Venkatesh et al., (2000) Technology Acceptance Model (TAM) yang diperluas dengan menambah konstruk trust (Hanafizadeh et al..2014: Luo et al.,2010). selain itu juga peneliti akan menyelidiki pengaruh behavioral intentions pada actual use (Ajzen & Fishbein, 2010). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu metode survei. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner yang sebar secara online ke seluruh masyarakat Indonesia sehingga terkumpul 224 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini survey. Kuesioner disebarkan secara online melalui media social seperti whatsapp, instagram, twitter. Metode analisis digunakan dengan PLS-SEM. PLS￾SEM adalah metode analisis statistik multivariat yang digunakan untuk memodelkan hubungan antara variabel yang kompleks dan saling mempengaruhi dalam suatu sistem, terdiri dari dua uji yaitu uji model pengukuran (Outer Model) dan uji model struktural (Inner Model) kedua pengujian tersebut digunakan untuk menguji apakah perceived usefulness, perceived ease of use, subjective norms, dan trust mempengaruhi behavioral intentions. Untuk menguji apakah perceived ease of use mempengaruhi perceived usefulness serta untuk menguji apakah behavioral intentions mempengaruhi actual use. Hasil analisis menunjukan bahwa perceived ease of use, dan trust memiliki pengaruh positif signifikan terhadap behavioral intentions, sedangkan perceived usefulness, dan subjective norms tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap behavioral intentions. Hasil analisis juga menunjukan bahwa perceived ease of use memiliki pengaruh positif signifikan terhadap perceived usefulness. Penelitian ini juga menemukan hasil bahwa subjective norms memiliki pengaruh positif terhadap actual use. Saran yang diajukan penelitian ini berdasarkan hasil penelitian yaitu diharapkan dapat menjadi dasar bagi perusahaan dalam menciptakan pengembangan produk lebih vii lanjut untuk dapat menarik minat generasi X di Indonesia untuk menggunakan mobile banking. Selain itu juga membangun kepercayaan masyarakat terhadap teknologi mobile banking, adanya pihak yang melindungi dalam penggunaan mobile banking akan semakin mendorong individu untuk menggunakan aplikasi tersebut, karena keamanan privasi dan data pribadi menjadi kunci utama dalam penggunaan mobile banking.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:18
Last Modified: 03 Sep 2024 02:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21052

Actions (login required)

View Item View Item