Yanti, Selvi and Indrawati, Indrawati and Wembrayarli, Wembrayarli (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI BERMAIN PUZZLE DI KELOMPOK A TK AISYIYAH XI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI LENGKAP AYUK SELVI dealll - Fitri Junia ningsi.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan apakah melalui puzzle dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah XI Kota Bengkulu yang berjumlah 12 orang anak, terdiri atas 7 laki-laki dan 5 perempuan.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pegamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari siklus 1 dan siklus 2. Darisiklus 1sebesar 52 % dan semakin meningkat dengan baik 77% ke siklus II. Ketuntasan klasikal pada penelitian ini dikatakan berhasil jika kemampuan mengenal lambang bilangan anak melalui bermain puzzle mencapai 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui bermain puzzle dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan. Disarankan kepada guru dapat memberikan stimulasi yang lebih baik untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui bermain puzzle. Kata Kunci :Mengenal lambang bilangan, Bermain puzzle, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:45 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:45 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21059 |
Actions (login required)
View Item |