PENGARUH EKUITAS MEREK, KUALITAS PRODUK DAN GARANSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Pada Produk Tupperware di Kota Bengkulu)

Yogi, Ardiansyah and Willy, Abdillah and Rina, Suthia Hayu (2024) PENGARUH EKUITAS MEREK, KUALITAS PRODUK DAN GARANSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Pada Produk Tupperware di Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Tesis Yogi Ardiansyah-1 - Yogi Ardiansyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tupperware adalah perusahaan multinasional yang memproduksi dan memasarkan produk plastik berkualitas untuk rumah tangga. Kantor pusatnya berkedudukan di Orlando Amerika Serikat. Dengan system penjualan direct selling (penjualan langsung). Citra merek Tupperware semakin berkembang dan bertambah baik. Untuk menjadi merek yang favorit, ukuran yang paling umum dalam sebuah produk adalah kualitas produk itu sendiri. Demi memenuhi kebutuhan pelanggannya, Tupperware selalu memperbarui produk lama dengan memunculkan produk-produk baru dan memperbaiki kualitasnya ke arah yang semakin baik. Apabila produk dianggap berkualitas di mata konsumen, maka produk itu akan selalu dicari. Konsumen memberikan penilaian pada suatu produk setelah konsumen mencoba untuk menggunakan suatu produk. Lalu konsumen bias menilainya dari segi kualitas produk. Agar dapat sukses dalam memasarkan suatu barang atau jasa, setiap perusahaan harus menetapkan harganya secara tepat. Persaingan antara perusahaan yang ada telah membuat perusahaan menyadari suatu kebutuhan untuk memaksimalkan asset-asset perusahaan demi kelangsungan perusahaan yang menghasilkan produk peralatan rumah tangga. Salah satu asset untuk mencapai keadaan tersebut adalah melalui merek. Merek menjadi semakin penting karena konsumen tidak lagi puas hanya dengan tercukupi kebutuhannya. Merek berfungsi penting bagi perusahaan untuk membedakan perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain. Pengenalan merek adalah tingkat minimal dari kesadaran akan adanya suatu merek. Kesadaran merek adalah kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali, mengingat kembali suatu merek sebagai bagian dari suatu kategori produk tertentu (Durianto et al., 2014). Hal ini berarti brand awareness menggambarkan keberadaan sebuah merek produk rumah tangga di dalam fikiran konsumen yang telah dipengaruhi oleh aktivitas promosi yang terintegrasi dan meningkatkan kesadaran merek adalah suatu keberhasilan dari merek produk rumah tangga itu dalam memperluas pasar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh ekuitas merek, kualitas produk dan garansi terhadap keputusan konsumen membeli produk. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Dalam penelitian ini, penulis mengumpulkan data informasi dan vii informasi pokok dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden member Tupperware Bengkulu. Data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden member Tupperware Bengkulu yang berjumlah 230 orang. Metode analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis partial least square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Tupperware di Kota Bengkulu. Hal in berarti bahwa jika ekuitas merek yang dipersepsi konsumen semakin tinggi, maka keputusan konsumen juga akan mengalami peningkatan; (2) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Tupperware di Kota Bengkulu. Hal in berarti bahwa jika kualitas produk yang dipersepsi konsumen semakin tinggi, maka keputusan konsumen juga akan mengalami peningkatan; dan (3) Garansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Tupperware di Kota Bengkulu. Hal in berarti bahwa jika garansi yang dipersepsi konsumen semakin tinggi, maka keputusan konsumen juga akan mengalami peningkatan. Berdasarkan kesimpulan, maka saran yang dapat dilakukan adalah (1) Hasil penelitian menunjuka ekuitas merek, kualitas produk dan garansi menjadi factor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, maka Tupperware harus lebih memperhatikan lagi kedua factor tersebut. Brand image untuk tetap dijaga dan disesuaikan kualitas produk yang ditawarkan dan kemudahan-kemudahan dalam garansi produk. Apalagi sekarang banyak sekali produk sejenis yang semakin banyak menawarkan produk yang kualitasnya hampir sama dengan Tupperware dengan harga yang lebih rendah sehingga alternative pilihan konsumen juga semakin banyak dan (2) Produsen harus bisa menciptakan atau berkreasi agar produk yang dihasilkan mempunyai kualitas yang benar-benar telah terbukti keunggulannya sehingga ketika pelanggan membandingkan kualitas Tupperware dengan produk yang lain, mereka tidak akan kecewa. Apalagi jika memang nantinya Tupperware bisa menciptakan suatu produk dengan kualitas yang baik tetapi dengan harga yang dinilai lebih murah, maka tentu loyalitas pelanggan akan semakin baik. Karena sekarang tehnologi yang dapat membuat kualitas suatu produk bermutu sudah semakin banyak sehingga harapan pelanggan adalah bisa mendapatkan produk dengan kualitas baik tetapi tidak mahal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:45
Last Modified: 03 Sep 2024 02:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21066

Actions (login required)

View Item View Item