P E N G A R U H P E N G G U N A A N M E D I A F L A S H C A R D TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN ARGAMAKMUR

Desyanti, Putu Febila and M. Nasirun, M. Nasirun and Wembrayarli, Wembrayarli (2023) P E N G A R U H P E N G G U N A A N M E D I A F L A S H C A R D TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN ARGAMAKMUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI PUTU FEBILA D. FIX - Putu febila Desyanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media flashcard terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Kecamatan Arga Makmur. Populasi dan sampel ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Kecamatan Arga Makmur dengan jumlah 20 anak. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitiatif dengan metode eksperimen desain Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design dan menggunakan Treatment pada kelas eksperimen yaitu dengan media flashcard. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Independent Sample t-test dengan menggunakan SPPS versi 16. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Hₒ ditolak dan Hₐ diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media flashcard terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Kecamatan Arga Makmur. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan menggunakan media flashcard, untuk peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian dengan lingkup yang lebih luas dan dapat mengembangkan media flashcard, dengan bentuk dan jenis yang lebih bervariasi. Kata Kunci: Pengaruh, media flashcard, berhitung permulaan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:30
Last Modified: 03 Sep 2024 03:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21070

Actions (login required)

View Item View Item