THE ANALYSIS OF CONSUMER PERCEPTION IN USING COMPUTER RENT (Study Case at Bengkulu Pratama Computer Rent)

Nuriardiyani, Novriyanthi and Soengkono, Soengkono (2006) THE ANALYSIS OF CONSUMER PERCEPTION IN USING COMPUTER RENT (Study Case at Bengkulu Pratama Computer Rent). Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
IV,V-NUR-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (402kB)
[img] Text
I,II,III-NUR-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (402kB)

Abstract

Persepsi konsumen terhadap suatu barang dan jasa berkaitan dengan penilaian para konsumen terhadap barang atau jasa tersebut yang tidak hanya tergantung pada stimulasi fisik tetapi juga pada stimulasi yang berhubungan dengan lingkungan sekitar dan keadaan individu tersebut. Penelitian yang berjudul “Analisis Persepsi Konsumen dalam Menggunakan Rental Komputer (Studi Kasus Pada Rental Komputer Pratama Bengkulu )” ini, bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara kualitatif persepsi konsumen terhadap lokasi, harga, pelyanan dan fasilitas dalam menggunakan rental computer Pratama. Penelitian ini menggunakan Accidental Sampling sebagai metode pengambilan sample dan sample yang diambil dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan rental computer pratama. Data yang dikumpulkan diperoleh dengan membuat serangkaian pertanyaan yang disususn dalam suatu kuisioner dan ditujukan kepada konsumen pengguna rental computer yang ditemui secara langsung di rental computer guna mendapat data primer dengan sample yang digunakan sebanyak 100 orang responden. Selain itu ditambah dengan data sekunder untuk mendukung penelitian secara teoritis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, didapat bahwa responden dominant menyetujui letak computer yang letak dengan area perdagangan, dilalui jalur tansportasi umum dan memiliki area parkir. Pada harga responden menyatakan bahwa yang ditetapkan sesuai dengan pelayanan yang didapatkan dan sesuai dengan keadaan keuangan mereka. Pada pelayanan responden menyatakan bahwa adanya bantuan dari pengelola rental computer saat mereka menemui kesulitan dalam mengetik dan ditunjukkan sikap ramah tamah serta sopan santun kepada konsumen selama menggunakan rental computer. Sedangkan pada fasilitas, baik penyediaan alat tulis, sarana hiburan maupun ruang tunggu cukup memberi kenyamanan dan dibutuhkan bagi sebagian besar konsumen. Faktor-faktor seperti lokasi, harga, pelyanan dan fasilitas perlu diperhatikan oleh pemilik atau pengelola rental computer Pratama, karena dengan memperhatikan dan mempertahankan hal-hal yang dianggap baik oleh konsumen dapat membuat rental computer Pratama terus beroperasi atau berjalan dalam jangka waktu yang panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 28 Nov 2013 11:40
Last Modified: 28 Nov 2013 11:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2108

Actions (login required)

View Item View Item