HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN (IQ) DENGAN KEMAMPUAN BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI.IPA SMAN 1 KOTA BENGKULU

Astuti, Asmi and Nirwana, Nirwana and Rohadi, Nyoman (2006) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN (IQ) DENGAN KEMAMPUAN BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI.IPA SMAN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-ASM-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (363kB)
[img] Text
IV,V-ASM-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (772kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan (IQ) siswa kelas XI.IPA SMAN 1 Kota Bengkulu, untuk mengetahui kemampuan belajar fisika siswa kelas XI.IPA SMAN 1 Kota Bengkulu, hubungan antara kecerdasan (IQ) dengan kemampuan fisika siswa kelas XI.IPA SMAN 1 Kota Bengkulu, dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara kecerdasan (IQ) dengan kemampuan belajar fisika siswa kelas XI.IPA SMAN 1 Kota Bengkulu. Instrumen pengambilan data tes IQ diambil dari arsip yang ada disekolah dan data kemampuan fisika diperoleh melalui tes, data dianalisis dengan cara menggunakan regresi liniear sederhana dan regresi ganda pada taraf signifikan 5%, dengan menggunakan program excel. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan (IQ) dengan kemampuan belajar fisika digunakan analisis korelasi product moment dan untuk melihat perbedaan aspek kemampuan belajar fisika digunakan anova satu jalan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata (1). Tingkat kecerdasan (IQ) siswa dalam kategori atau kelompok sedang sebesar 70,00%. (2). Kemampuan belajar fisika yang meliputi aspek kemampuan verbal, kemampuan gambar, dan kemampuan numeric dalam kategori atau kelompok sedang sebesar 65,71%. (3). Ada hubungan antara kecerdasan (IQ) dengan kemampuan belajar fisika. (4). Ada perbedaan yang signifikan antara kecerdasan (IQ) dengan kemampuan belajar fisika yang dilihat dari perbedaan kemmapuan verbal, kemmapuan gambar, dan kemampuan numerik pada siswa yang memiliki IQ cerdas sekali, IQ cerdas dan IQ sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 28 Nov 2013 12:04
Last Modified: 28 Nov 2013 12:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2109

Actions (login required)

View Item View Item