PENGEMBANGAN HANDOUT ELEKTRONIK BERGAMBAR TEMA KEANEKARAGAMAN HEWAN BERBASIS KOKO (KONTEKSTUAL DAN KOOPERATIF) UNTUK SISWA TUNAGRAHITA

Lestari, Ida and Rendy, Wikrama Wardana and Sutarno, Sutarno (2023) PENGEMBANGAN HANDOUT ELEKTRONIK BERGAMBAR TEMA KEANEKARAGAMAN HEWAN BERBASIS KOKO (KONTEKSTUAL DAN KOOPERATIF) UNTUK SISWA TUNAGRAHITA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
DRAF SKRIPSI IDA LESTARI - Ida Lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SLB Negeri 5 Kota Bengkulu, guru membutuhkan inovasi bahan ajar IPA yang dapat mendukung kebutuhan siswa tunagrahita dalam belajar IPA salah satunya dalam bentuk bahan ajar berupa handout elektronik bergambar. Penelitian ini bertujuan menghasilkan handout elektronik bergambar tema keanekaragaman hewan berbasis KOKO (Kontekstual dan kooperatif) untuk siswa tunarahita dengan melihat kelayakan produk dan respon guru. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D. terdiri dari 4 tahap, mulai dari pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun penelitian ini dibatasi pada tahap develop saja. Jenis data yang diperoleh adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada aspek materi dinyatakan sangat layak dengan presentase 93%, aspek bahasa didapat presentase 94% dengan kategori sangat layak dan aspek media didapat presentase 95% dengan kategori sangat layak Sehingga handout elektronik yang dikembangkan ini sangat layak untuk dilanjutkan pada tahap uji lapangan. Hasil analisis dari validasi isi menggunakan rumus Aiken V. Nilai validitas isi untuk aspek materi adalah 0,91 dengan kriteria validitas tinggi, nilai validitas isi untuk aspek bahasa adalah 0,92 dengan kriteria validitas tinggi. Nilai validitas isi untuk aspek media adalah 0,93 dengan kriteria validitas tinggi. Nilai validitas isi rata-rata untuk total hasil validasi adalah 0,94 dengan kriteria validitas tinggi. Berdasarkan hasil angket respon guru terhadap handout elektronik bergambar tema keanekaragaman hewan berbasis KOKO (Kontekstual dan Kooperatif) subtema perkembangbiakan hewan di SLB Negeri 5 Kota Bengkulu didapat hasil 93 % respon guru dinyatakan sangat baik. Kata kunci: tunagrahita, handout elektronik,KOKO.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Sep 2024 04:50
Last Modified: 03 Sep 2024 04:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21097

Actions (login required)

View Item View Item