SPEED OF ADJUSTMENT STRUKTUR MODAL (STUDY EMPIRIS PADA INDUSTRI PENERBANGAN DI NEGARA-NEGARA ASEAN)

Ahmad, Junaidi and Fitri, Santi and Fahruzzaman, Fahruzzaman and Husaini, Husaini (2024) SPEED OF ADJUSTMENT STRUKTUR MODAL (STUDY EMPIRIS PADA INDUSTRI PENERBANGAN DI NEGARA-NEGARA ASEAN). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Disertasi Ahmad Junaidi - Doktor Ilmu Manajemen Universitas Bengkulu_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

rsi dinamik di negara-negara ASEAN belum banyak. Studi tentang speed of adjustment struktur modal ini mungkin pertama kali dilakukan pada perusahaan industri penerbangan di negara-negara ASEAN. Tujuan penelitian ini membuktikan seberapa besar SOA struktur modal, faktor-faktor apakah yang mempengaruhi leverage optimal dan faktor-faktor apakah yang mempengaruhi SOA struktur modal pada industri penerbangan di negara-negara ASEAN. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukkan melalui regresi data panel. Sampel yang digunakan sebanyak 20 perusahaan industri penerbangan di negara negara ASEAN dengan pengamatan sebanyak 200 observasi dari tahun 2010 2019. Model regresi data panel ditentukan berdasarkan hasil uji Chow dan Hausman. Penemuan empiris dari 200 data panel observasi variabel Firm size, bussines risk, dan non debt tax shield mempunyai pengaruh positif dan siginifikan terhadap leverage optimal. Variabel profitability, dan short term debt mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap leverage optimal. Partial adjustment model (PAM) untuk mengukur kecepatan penyesuaian perusahaan terhadap leverage optimal. Dari hasil estimasi model penyesuaian parsial, lag leverage yang signifikan menunjukkan bahwa perusahaan industri penerbangan di negara negara ASEAN menyesuaikan struktur modal mereka menuju leverage optimal dengan SOA 40,37% per tahun. Generalized methods of moments (GMM) untuk mengestimasi speed of adjustment struktur modal. Di dapati variabel makroekonomi yaitu growth GPD mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadal speed of adjustment struktur modal. Implikasi penelitian ini secara teoritis dapat membuktikan, bahwa perilaku pembiayaan perusahaan industri penerbangan di negara-negara ASEAN dapat dijelaskan dengan teori trade off dinamis. Selain itu, peningkatan kecepatan penyesuaian dibandingkan dengan penelitian yang lain mungkin disebabkan oleh pertama karena pertumbuhan ekonomi negara-negara ASEAN berkembang dari waktu ke waktu, perusahaan dapat menyelesaikan penyesuaian mereka dengan lebih cepat, kedua sampel yang tergabung dalam sampel ini hanya 5 (lima) negara ASEAN. Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan pertama, penelitian tidak membahas biaya penyesuaian (misalnya biaya transaksi), sehingga perbandingan antara manfaat dan biaya penyesuaian kembali tidak dapat dijelaskan, kedua kecepatan penyesuaian yang dibahas dalam penelitian terbatas pada kontek tidak semua negara-negara ASEAN hanya 5 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapure dan Thailand dan ketiga, penelitian ini tidak membandingkan penerapan model dynamic trade off di negara-negara ASEAN yang negara maju dan negara berkembang. Dengan demikian, masih belum pasti apakah model tersebut lebih cocok untuk yang pertama atau yang terakhir.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 03 Sep 2024 04:52
Last Modified: 03 Sep 2024 04:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21108

Actions (login required)

View Item View Item