PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMPN 15 KOTA BENGKULU

Harofah, Ayu Idhil and Indra, Sakti Lubis and Deni, Parlindungan (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMPN 15 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Ayu Idhil Harofah - Ayu idhil Harofah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem based Learning (PBL) berbantuan Handout terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPN 15 Kota Bengkulu dalam materi pencemaran lingkungan.. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan berbagai pertimbangan maka dipilih kelas VII D dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design tipe One-Group Pretest-Postest Design. Pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan dengan memberikan lembar soal berupa Pretest (tes awal) dan Postest (tes akhir) di setiap pertemuan. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji –t. Jika dari hasil uji –t tersebut terdapat perbedaan yang signifikan maka ditarik kesimpulan terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan handout terhadap hasil belajar siswa, dan sebaliknya jika tidak terdapat perbedaan yang signifikan maka tidak terdapat pengaruh. Hasil uji t diperoleh signifikasi hitung sebesar 0,00 > α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan setelah siswa mengikuti pembelajaran Problem based Learning menggunakan handout. Berdasarkan hasil perhitungan N-gain score rerata sebesar 0,512 dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil perhitungan effect size diperoleh nilai sebesar 0,27 dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model problem based learning menggunakan Handout Ilmu Pengetahuan Alam terhadap hasil belajar materi pencemaran lingkungan, dengan besar pengaruh pada kategori sedang. Kata kunci: Problem Based Learning, Handout, Pencemaran Lingkungan, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:47
Last Modified: 03 Sep 2024 07:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21113

Actions (login required)

View Item View Item