PENGARUH PENGGUNAAN HANDOUT BERBASIS KOKO (KONTEKSTUAL DAN KOOPERATIF) PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII

Sari, Hesi Puspita and Nirwana, Nirwana and Aprina, Defianti (2023) PENGARUH PENGGUNAAN HANDOUT BERBASIS KOKO (KONTEKSTUAL DAN KOOPERATIF) PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_HESI PUSPITA SARI_A1M019011 - Hesi Puspita Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan handout KOKO (Kontekstual dan Kooperatif) pada materi sistem organisasi kehidupan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 9 Kota Bengkulu. Penelitian menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu dengan sampel kelas VII A dan VII C. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian berupa lembar tes yang berbentuk soal essay. Hasil belajar siswa berdasarkan analisis independent sample t-tes diperoleh nilai thitung ˃ ttabel = 5,512 ˃ 2,001 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji peningkatan hasil belajar siswa dengan uji N-gain diperoleh bahwa nilai N-gain kelas eskperimen lebih tinggi daripada nilai N- gain kelas kontrol dengan rata-rata N-gain score kelas eskperimen 0.7 dan kelas kontrol 0.5. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan handout berbasis KOKO (Kontekstual dan Kooperatif) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada aspek kognitif.. Kata kunci : Handout, KOKO, Hasil Belajar Aspek Kognitif, dan Sistem Organisasi Kehidupan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:47
Last Modified: 03 Sep 2024 07:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21114

Actions (login required)

View Item View Item