PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 15 KOTA BENGKULU

Lestari, Tri Reski and Indra, Sakti Lubis and Rendy, Wikrama Wardana (2023) PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 15 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI-TRI RESKI LESTARI-A1M019028 - Tri Reski Lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan project based learning materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan terhadap hasil belajar, peningkatan hasil belajar, dan besar pengaruh penerapan project based learning terhadap hasil belajar siswa SMPN 15 kota bengkulu. Jenis penelitian yang diterapkan adalah quasi experiment research tipe nonequivalent kontrol group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok sampel, yaitu sampel kelompok eksperimen yang berjumlah 22 orang dan kelompok kontrol berjumlah 22 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk hasil belajar IPA. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik dengan independent sample t-test (α = 0,05) didapatkan nilai taraf signifikansi 0,002 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel, dimana 3,277 > 2,018 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan project based learning materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan terhadap hasil belajar siswa SMPN 15 Kota Bengkulu. Penerapan pembelajaran IPA materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan menggunakan project based learning dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata N-Gain yang diperoleh sebesar 0,70 dalam kategori sedang. Besar pengaruh penerapan project based learning materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan terhadap hasil belajar siswa ditunjukkan melalui nilai effect size Cohen’s d sebesar 0,99 dengan kategori sangat besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan project based learning materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan terhadap hasil belajar siswa, juga dapat meningkatkan hasil belajar dan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar. Kata kunci: Project-Based Learning, Mading, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:47
Last Modified: 03 Sep 2024 07:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21115

Actions (login required)

View Item View Item