PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI

Adenolira, Nadera Beka and Hermansyah, Amir and Elvinawati, Elvinawati (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Nadera Beka Adenolira_A1F018056_skripsi_bebas perpus - Nadera Beka adenolira.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis Guided Discovery Learning serta untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap e-LKPD tersebut. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation) yang dibatasi hanya sampai tahap development berupa pada tahap uji respon peserta didik. Penelitian dilakukan dari bulan Juni sampai dengan Maret 2023 di SMA Negeri 1 Bengkulu. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling yaitu kelas XI IPA 4 yang berjumlah 28 orang untuk uji coba kelompok kecil. Instrumen penelitian berupa lembar wawancara, angket kebutuhan peserta didik, lembar validasi, dan lembar angket respon siswa. Data yang dihasilkan terdiri dari data kualitatif berupa saran dari validator dan siswa serta data kuantitatif hasil lembar validasi dan angket respon siswa. Lembar validasi dan angket respon siswa menggunakan skala likert 5 pilihan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan e-LKPD kimia berbasis Guided Discovery Learning dinyatakan sangat layak oleh ahli media dan materi dengan persentase aspek media 93,57 % dan aspek materi sebesar 89,12 %. Respon siswa terhadap e-LKPD kimia berbasis Guided Discovery Learning berada pada kategori sangat baik dengan persentase rata-rata 91,13 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-LKPD kimia pada materi laju reaksi berbasis Guided Discovery Learning sangat layak digunakan sebagai bahan ajar. Kata kunci: e-LKPD, Pengembangan, Guided Discovery Learning

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:41
Last Modified: 03 Sep 2024 08:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21122

Actions (login required)

View Item View Item