PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU

Rolenza, Rarah Sanggita and Elvinawati, Elvinawati and Dewi, Handayani (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Rarah Sanggita Rolenza_A1F018055-1 - Rarah Sanggita Rolenza.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menentukan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Pra Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Adapun pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 2. Instrumen yang digunakan yaitu tes (pretest dan posttest). Hasil tes (pretest) kelas eksperimen memperoleh data rata-rata yaitu 29 dan hasil tes (posttest) memperoleh rata-rata yaitu 81,33. Dari serangkaian uji statistik hipotesis yang dilakukan pada tes (pretest dan posttest) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:41
Last Modified: 03 Sep 2024 08:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21124

Actions (login required)

View Item View Item