PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI REAKSI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

Ernita, Sherly and Rina, Elvia and Hermansyah, Amir (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI REAKSI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Sherly Ernita_A1F019012_Bebas Perpus - Sherly Ernita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi reaksi redoks dengan menggunakan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan oleh peneliti. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Subjek uji skala kecil / respon peserta didik yaitu kelas XI MIPA 6 sebanyak 12 orang dan subjek penerapan produk dalam kegiatan pembelajaran adalah peserta didik kelas XI MIPA 7 sebanyak 36 orang. Instrumen penelitian yaitu lembar wawancara, angket validasi produk dan soal, angket respon peserta didik dan pendidik, pre test, post test. Hasil uji validasi media dan materi, berturut-berturut sebesar 95%, 91,42% dikategorikan sangat valid. Hasil uji validasi soal >2,34 dikategorikan layak, kemudian respon peserta didik sebesar 86,66% berkategori sangat baik. N-Gain diperoleh sebesar 0,657 berkategori peningkatan sedang. Hasil respon pendidik terhadap produk media pembelajaran interaktif materi reaksi redoks sebesar 94,33 % berkategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Kata kunci : Penelitian Dan Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Pemahaman Konsep, Reaksi Redoks, Ispring Suite 11.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:41
Last Modified: 03 Sep 2024 08:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21125

Actions (login required)

View Item View Item