PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN LDPD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Lestari, Diani Yola and Febrian, Solikhin and Salastri, Rohiat (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN LDPD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Diani Yola Lestari_Pendidikan Kimia - Diani Yola Lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment (eksperimen semu) yaitu menerapkan model pembelajaran learning cycle 5E. Pendekatan yang adalah pendekatan kuantitatif dengan pola penelitian adalah post-test only control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan yaitu menerapkan model pembelajaran learning cycle 5E dan kelompok kontrol tanpa perlakuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep dan keterampilan proses sains pada materi larutan penyangga. Penelitian ini dilakukan pada MAN 1 Kota Bengkulu dengan sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar wawancara, lembar observasi keterampilan proses sains dan tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis pemahaman konsep diperoleh nilai signifikan 2-tailed sebesar 0,008. Nilai signifikansi tersebut < 0,05 sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney diperoleh nilai signifikan 2-tailed < 0,01. Berdasarkan hasil uji tersebut disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap keterampilan proses sains. Kata kunci : learning cycle 5E, pemahaman konsep, keterampilan proses sains, larutan penyangga

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:42
Last Modified: 03 Sep 2024 08:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21126

Actions (login required)

View Item View Item