IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI REAKSI REDUKSI-OKSIDASI MENGGUNAKAN INSTRUMEN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST

Alfina, Vera Dwi and Sura, Menda Ginting and I Nyoman, Chandra (2023) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI REAKSI REDUKSI-OKSIDASI MENGGUNAKAN INSTRUMEN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_Vera Dwi Alfina - vera dwi alfina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi reaksi redoks menggunakan instrumen Four Tier Diagnostic Test. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang didahului dengan proses pengembangan instrumen tes materi redoks menggunakan model Plomp. Tahapan pengembangannya terdiri atas fase investigasi awal, desain, konstruksi, tes, revisi, evaluasi serta implementasi. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMAN 5 Kota Bengkulu dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yang didukung oleh uji homogenitas dan normalitas. Sampel uji coba instrumen adalah siswa kelas X MIPA 3 dan siswa X MIPA 2 sebagai sampel implementasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yakni lembar soal dan lembar validasi instrumen tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 12 soal valid dan 4 soal yang tidak valid. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase miskonsepsi siswa pada materi reaksi reduksi-oksidasi sebesar 35%, 40 % siswa yang paham konsep dan 25 % siswa yang belum paham konsep . Miskonsepsi tertinggi terjadi pada sub-konsep reaksi reduksi dan oksidasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi yang dialami siswa pada materi reaksi redoks termasuk kategori sedang. Kata kunci : Miskonsepsi , four tier diagnostic test, reaksi redoks

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:42
Last Modified: 03 Sep 2024 08:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21128

Actions (login required)

View Item View Item