PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN iSPRING BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TITRASI ASAM BASA

Annisa, Tia and M. Lutfi, Firdaus and Dewi, Handayani (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN iSPRING BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TITRASI ASAM BASA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Tia Annisa_Skripsi Fix - Tia Annisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development dengan model ADDIE yang dilakukan untuk mengetahui kelayakan, respon, dan pengaruh media pembelajaran iSpring berbasis android terhadap hasil belajar peserta didik pada materi titrasi asam basa. Desain uji coba penelitian ini adalah one group pre-post test design. Subjek penelitian ini adalah 12 orang peserta didik kelas XI MIPA MAN 1 Kota Bengkulu untuk uji coba skala kecil dan 34 orang peserta didik kelas XI MIPA 2 untuk uji coba skala besar. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi materi dan lembar validasi media, angket respon peserta didik dan angket respon Guru, beserta googleform. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: 1) tingkat kelayakan pada aspek media yaitu 95% dan aspek materi 88%, 2) hasil uji respon peserta didik menunjukkan hasil 87,29% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil respon guru yaitu 90,86% dengan kategori sangat menarik, 4) berdasarkan pengukuran N-Gain diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan yang cukup signifikan terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 0,88 dengan kategori tinggi. Kata Kunci : iSpring, android, titrasi asam basa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:42
Last Modified: 03 Sep 2024 08:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21129

Actions (login required)

View Item View Item