EVALUASI PROGRAM PELATIHAN PENGOLAHAN IKAN DI UPTD PELATIHAN KERJA BENGKULU ( Studi Pada Peserta Pelatihan Penyandang Disabilitas)

Anadiati, Anadiati and Sofino, Sofino and Aris, Putra (2023) EVALUASI PROGRAM PELATIHAN PENGOLAHAN IKAN DI UPTD PELATIHAN KERJA BENGKULU ( Studi Pada Peserta Pelatihan Penyandang Disabilitas). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
ANADIATI-SKRIPSI - Andia Andia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan evaluasi program pelatihan pengolahan ikan di UPTD Pelatihan Kerja Bengkulu ( Studi pada peserta penyandang disabilitas). Subjek utama dalam penelitian ini ada tujuh yaitu kasi pelatihan, instruktur pelatihan pengolahan ikan dan peserta penyandang disabilitas. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, alat ukur penelitian logic model, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa program pelatihan pengolahan ikan telah dilaksanakan yakni sebagai sumber daya dalam meningkatkan kemampuan kompetensi peserta didik sesuai dengan kurikulum pelatihan berbasis kompetensi. Data utama yang dipakai dalam penelitian ini adalah hasil dari wawancara serta observasi dalam proses evaluasi kegiatan pelatihan pengolahan di unit pelaksana teknis daerah pelatihan kerja Bengkulu. Dari hasil penelitian diketahui pelatihan pengolahan ikan yang diikuti peserta penyandang disabilitas dapat dilanjutkan dengan beberapa perbaikan yaitu penambahan alokasi waktu, sarana prasarana harus memadai, memiliki pendamping/instruktur khusus bagi peserta penyandang disabilitas, dan memiliki assesor dalam tahap ujian bagi peserta penyandang disabilitas. Kata kunci: evaluasi, logic model, pelatihan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:20
Last Modified: 04 Sep 2024 02:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21143

Actions (login required)

View Item View Item