Lusi, Rosa Tri and Sofino, Sofino and Ririn, Gusti (2023) PEMBELAJARAN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) FATIMATUZ ZAHRA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPS)
Rosa Tri Lusi_Skripsi - Rosa Tri Lusi.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan, strategi, metode dan teknik dalam Pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Quran( TPQ) Fatimatuz Zahra Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak lima orang dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validasi data dilakukan dengan trangulasi subjek, triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, ada dalam Pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Fatimatuz Zahra dua jenis pendekatan yang di gunakan yaitu pendekatan yang berpusat pada guru ( Teacher Centered) dan pendekatan yang berpusat pada santri (Student Centered). Kedua, strategi dalam pembelajaran mempunyai tiga jenis strategi yang di gunakan yaitu strategi pembelajaran kooperatif, strategi pembelajaran ekspositori dan strategi pembelajaran kontekstual. Ketiga, metode dalam pembelajarannya menggunakan lima metode pembelajaran yaitu metode ceramah, metode jigsaw metode tanya jawab, metode pemberian tugas dan metode Qiro‟ati. Keempat, teknik dalam pembelajaran yang merupakan cara pengimplementasian metode terbagi menjadi dua yaitu dengan penyampaian secara lisan dan berkelompok dilakukan dengan cara praktik. Kata Kunci : Pembelajaran, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 02:32 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 02:32 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21151 |
Actions (login required)
View Item |