PEMBUATAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) SECARA PENGASAMAN, KARAKTERISASI SERTA PEMANFAATANYA SEBAGAI KRIM TABIR SURYA BERBAHAN AKTIF TiO2

HARTONO, UNTUNG and Eni, Widiyati and Charles, Banon (2019) PEMBUATAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) SECARA PENGASAMAN, KARAKTERISASI SERTA PEMANFAATANYA SEBAGAI KRIM TABIR SURYA BERBAHAN AKTIF TiO2. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
skripsi. untung.hartono.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) secara pengasaman, karakterisasi serta pemanfaatanya sebagai krim tabir surya berbahan aktif TiO2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas VCO yang dihasilkan dari metode pengasaman, pengaruh penambahan TiO2 terhadap serapan radiasi ultraviolet (UV) dan nilai SPF krim berbahan baku minyak kelapa sebagai tabir surya. VCO dikarakterisasi kadar minyak, kadar air, asam lemak bebas dan bilangan peroksida sedangkan krim tabir surya dikarakterisasi antara lain uji homogenitas, uji sentrifugasi, uji viskositas, uji pH, dan uji serapan UV. Krim tabir surya dibuat dengan mengemulsikan fase minyak (minyak kelapa, asam stearat, lanolin dan setil alkohol) dan fase air (gliserin, akuades, dan trietanolamina). TiO2 ditambahkan dengan kosentrasi yang divariasi yaitu 0; 5; 7 dan 9 (% b/b). Hasil penelitian menunjukkan, VCO yang dibuat melalui pengasaman kualitasnya tidak jauh berbeda dengan SNI dan emulsi dengan bahan baku minyak kelapa menggunakan bahan aktif TiO2 telah dapat dibuat. Jika kosentrasi TiO2 ditingkatkan maka serapan radiasi UV dan nilai SPF krim tabir surya juga meningkat. Hal ini berarti kosentrasi TiO2 berpengaruh terhadap keefektifan krim tabir surya. Kata kunci : Pengasaman, VCO, Krim tabir surya, TiO2 .

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 13 May 2020 04:13
Last Modified: 13 May 2020 04:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21163

Actions (login required)

View Item View Item