PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL TERHADAP PENYALURAN DANA ZAKAT PENGELOLAAN ZAKAT DI KABUPATEN BENGKULU UTARA

M. FAISAL, WIBOWO and Sirman, Dahwal and Subanrio, Subanrio (2019) PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL TERHADAP PENYALURAN DANA ZAKAT PENGELOLAAN ZAKAT DI KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
TESIS M. FAISAL WIBOWO.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan dan menganalisis apakah penyaluran zakat Badan Amil Zakat Nasional di Kabupaten Bengkulu Utara sesuai ketentuan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, dan mendeskripsikan dan menganalisis apakah pertanggung jawaban hukum Badan Amil Zakat Nasional di Kabupaten Bengkulu Utara sesuai hukum Islam dengan Hukum Islam dan zakat Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Adapun sifat penelitian ini adalah deskriptif. Suatu penelitian deskriptif, dimaksud untuk memberikan data yang seteliti mungkin tentang manusia, keadaan atau gejala-gejala lainnya. Jenis Penelitian penelitian hukum empiris. Menurut Ade Saptomo penelitian empiris ini tergolong pada penelitian efektifitas hukum yang merupakan penelitian hukum yang hendak menelaah efektifitas suatu peraturan perndang-undangan. Hasil penelitian menunjukan; bahwa Penyaluran zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional di Kabupaten Bengkulu Utara, belum sepenuhnya terlaksanan dengan baik sesuai Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, dikarenakan penyaluran zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional di Kabupaten Bengkulu Utara masih menemukan kendala-kendala dalam pelaksanaan pertanggung jawaban Badan Amil Zakat Nasional di Kabupaten Bengkulu Utara. Pernyaluran zakat Badan Amil Zakat Nasional di Kabupaten Bengkulu Utara dapat dipertanggung jawab sesuai Hukum Islam , dimana Orang yang berhak menerima zakat Badan Amil Zakat Nasional di Kabupaten Bengkulu Utara adalah fakir, miskin, amil, sabilillah, ibnu sabil, garim, riqab, dan mualaf. Penyaluran zakat dilaksanakan melalui beberapa program penyaluran zakat seperti bedah rumah, bantuan sembako, bantuan pendidikan, bantuan peralatan usaha, bantuan subsidi pendidikan, bantuan peralatan kesehatan, memakmurkan masjid/bantuan guru ngaji, bantuan kebakaran. Dasar penyaluran zakat yang diberikan oleh Badan Amil Zakat Bengkulu Utara dalam penyaluran dana zakat, yakni Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Kata Kunci : Pertanggung Jawaban Hukum, Badan Amil Zakat Nasional, Penyaluran Dana Zakat Pengelolaan Zakat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Hukum
Depositing User: Irma Rohayu, S.IPust
Date Deposited: 04 Sep 2024 08:26
Last Modified: 04 Sep 2024 08:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21165

Actions (login required)

View Item View Item